Ribuan warga di Kalipucang Kabupaten Pangandaran menyambut tahun Baru Islam 1446 Hijriah dengan menggelar pawai obor, Sabtu (6/7/2024) malam. Foto/Deni Rudini.PasundanNews.com

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM – Ribuan warga di Kalipucang Kabupaten Pangandaran menyambut tahun Baru Islam 1446 Hijriah dengan menggelar pawai obor, Sabtu (6/7/2024) malam.

Kegiatan ini diinisiasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Pemdes (Pemerintah Desa) Kalipucang, Pangandaran.

Kegiatan pawai obor ini merupakan salah satu tradisi yang digelar setiap pergantian Tahun Baru Islam.

Ketua MUI Desa Kalipucang, Ustd. Anwar Hidayat mengatakan, pawai obor ini merupakan rangkaian dari kegiatan menyambut pergantian tahun baru Islam.

“Alhamdulillah pawai obor bisa terlaksana dengan lancar, meskipun tadi sempat hujan. Para Santri tetap semangat mengikuti rangkaian kegiatan ini,” ujarnya.

Anwar mengungkapkan, selain pawai obor, ada beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah.

“Ada lomba keagamaan untuk santri antar madrasah diniyah, antar Majelis Taklim dan Tabligh Akbar,” ungkap Anwar yang juga Pembina Kopi Pagma Desa Kalipucang.

Kepala Desa Kalipucang, Teguh Sugiharto menambahkan, pawai ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun menyambut tahun baru Islam..

“Ini merupakan program kerjasama antara Pemdes dengan MUI Desa Kalipucang yang setiap tahunya di gelar,” katanya.

Ribuan masyarakat setempat dari berbagai elemen menunjukan antusiasme yang tinggi mengikuti kegiatan tersebut.

“Mulai dari dari santri Madrasah Diniyah hingga berbagai elemen masyarakat lainnya yang ada di Desa Kaipucang,” ungkapnya.

Menurutnya, momentum tahun Baru Islam ini merupakan sejarah bagi jutaan ummat muslim di dunia.

“Jadi, kami dan MUI bekerjasama agar kegiatan ini tetap bisa terlaksana setiap tahunnya dan menjadi ladang Syiar Agama Islam,” tandasnya.

(Deni Rudini/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPawai Obor di Purwaharja Kota Banjar Meriahkan Tahun Baru Islam 1446 Hijriah 
Artikulli tjetërJawab Tantangan Kader, HMI Munir Unigal Ciamis Inisiasi Ruang Lintas Generasi