PASUNDAN NEWS – Pada Selasa, 28 November 2023, tahapan kampanye pada Pemilu 2024 resmi dimulai, menjadi fase yang krusial dan berpotensi menghadirkan pelanggaran pemilu.

Menyikapi potensi tersebut, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Dayeuhkolot menggelar Rapat Koordinasi Pengawasan Tahapan Kampanye pada Pemilu Tahun 2024.

Potensi pelanggaran pada tahapan kampanye melibatkan aspek administratif, kode etik, hingga pelanggaran pidana.

Dalam upaya menghadapinya, Panwascam Dayeuhkolot mengumpulkan Pengawas Kecamatan (PKD) se-Kecamatan Dayeuhkolot, jajaran kesekretariatan Panwascam, Kapolsek, dan Danramil Dayeuhkolot pada rapat yang dilaksanakan pada 5 Desember 2023 di Bento Kopi Telkom Bandung, Kabupaten Bandung.

Muhammad Jarkasih, Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Panwascam Dayeuhkolot, menyatakan urgensi penguatan pengawasan pemilu di kecamatan tersebut.

Koordinasi dengan pihak kepolisian dan koramil Dayeuhkolot dianggap penting mengingat tingginya urgensi pada tahapan kampanye.

Jarkasih menyampaikan, “Tahapan kampanye ini momen penting untuk dikaji dan dikordinasikan bersama. Oleh karena itu, kami menghadirkan penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan Dayeuhkolot untuk membahas terkait pengawasan tahapan kampanye ini karena membutuhkan pengawasan bersama,” ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut, para pengawas pemilu diberikan pemahaman tentang strategi pengawasan dan pencegahan pada tahapan kampanye. Didi Komarudin, anggota Bawaslu Kabupaten Bandung periode 2018-2023, memberikan wawasan sebagai pembicara eksternal.

Ihsan D Nasution, Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipatif Masyarakat, dan Humas, menekankan kesiapan maksimal dalam mengawal dan mengawasi. Pendekatan pencegahan diutamakan dalam pelaksanaan pengawasan tahapan kampanye ini.

Nasution menjelaskan, “Kami pastikan kesiapan jajaran pengawas pemilu di kecamatan Dayeuhkolot sudah disiapkan secara matang dan tetap mengikuti prinsip mengutamakan langkah pencegahan.”ujarnya.

Asep Dadang, Ketua Panwascam Dayeuhkolot, mengakhiri acara dengan mengingatkan semua pihak yang terlibat dalam tahapan kampanye untuk mematuhi aturan yang telah ditetapkan.

“Dalam rangka mewujudkan iklim pemilu yang kondusif, diharapkan kepada semua pihak yang ikut serta dalam tahapan kampanye ini untuk selalu memperhatikan peraturan yang sudah diaturkan,” ucapnya.***

Artikulli paraprakPasangan Remaja Lakukan Tindak Asusila di Taman Kota Banjar
Artikulli tjetërKembangkan Kreativitas Pemuda, Dispora Kota Banjar Resmikan Gedung Kepemudaan