Bupati Ciamis Herdiat Sunarya. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Operasi katarak gratis digelar sebagai upaya bakti sosial oleh RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Ciamis.

Bakti sosial itu bekerjasama dengan PT. Erlangga Esi Laboratories (Erela) dan BAZNAS Ciamis yang berlangsung pada Minggu (3/3/2024).

Diketahui, kegiatan bakti sosial rutin dilaksanakan PT. Erela di setiap daerah di Indonesia, untuk kali ini PT. Erela menggandeng RSUD dan BAZNAS Ciamis.

Turut hadir Bupati Ciamis Herdiat Sunarya sekaligus membuka acara.

Dalam sambutannya ia mengapresiasi setinggi-tingginya kepada PT. Erela atas kepedulian terhadap masyarakat di Kabupaten Ciamis.

Setidaknya, terdapat 50 orang yang akan melaksanakan operasi gratis dan diharapkan dapat kembali melihat dunia.

Menurut Herdiat, kegiatan sosial ini merupakan salah satu bentuk responsif PT. Erela dengan dana CSR nya dalam membantu masyarakat di Tatar Galuh Ciamis.

Ia menyampaikan bahwa penyakit katarak adalah penyakit mata yang kalau tetap didiamkan akan semakin parah.

“Kurang lebih ada 50 yang akan dioperasi, tentu kalau dilaksanakan mandiri operasi ini biayanya mahal sekali mencapai Rp 10 juta atau bahkan lebih,” jelasnya.

Oleh karena itu, Herdiat menyampaikan terimakasih pada PT. Erela, ia sampaikan jika mengandalkan APBD anggarannya sangat terbatas.

“Kami tunggu kegiatan-kegiatan sosial berikutnya, karena masih banyak kegiatan yang membutuhkan uluran tangan kita semua,” ungkap Herdiat.

Sementara itu, Direktur RSUD Ciamis, dr. Rizali mengatakan para peserta operasi katarak ini merupakan hasil skrening dari tiap Puskesmas di Kabupaten Ciamis hingga terkumpul 50 orang.

Ia mengatakan kegiatan tersebut di latar belakangi karena masih banyaknya pasien katarak yang kurang mampu dan belum mempunyai BPJS Kesehatan di Kabupaten Ciamis.

“Tujuan kegiatan bakti sosial ini memberikan pelayanan kesehatan operasi katarak gratis bagi penderita katarak, selain itu juga meningkatkan kondisi kesehatan yang baik bagi masyarakat khususnya penyakit katarak yang ada di Kabupaten Ciamis,” tandasnya.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakHMI Ciamis Gelar Latihan Kader, Bupati Herdiat Harapkan Bisa Mencetak Pemimpin yang Berkualitas
Artikulli tjetërSMK Al-Ikhsan Pamarican Ciamis Gelar Pelantikan Pramuka Penegak Bantara