Kontingen Kabupaten Ciamis saat opening ceremony Porsenitas (Pekan Olahraga dan Seni Antar Daerah Perbatasan) ke-X tahun 2023. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Opening Ceremony Porsenitas (Pekan Olahraga dan Seni Antar Daerah Perbatasan) ke-X tahun 2023 digelar pada Rabu (7/6/2023).

Turut menghadiri kegiatan, Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra didampingi Sekretaris Daerah H. Tatang yang bertempat di Gelanggang Generasi Muda (GGM) Kabupaten Majalengka.

Diketahui, porsenitas ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Kumpulan Kabupaten/Kota yang berada di Perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Kumpulan itu disingkat menjadi ‘Kunci Bersama’, kemudian pada tahun ini Kabupaten Majalengka dipilih menjadi tuan rumah Porsenitas Kunci Bersama.

Kegiatan tersebut diawali dengan karnaval para peserta Porsenitas dari sepuluh Kabupaten Kota ‘Kunci Bersama’ termasuk para kontingen dari Kabupaten Ciamis.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil membuka secara resmi event olahraga dan seni tahunan tersebut bersama  para Kepala Daerah anggota ‘Kunci Bersama’.

Dalam sambutannya, Ridwan Kamil menyampaikan sangat mengapresiasi kekompakan para Kepala Daerah perbatasan di kelompok wilayah daerah ‘Kunci Bersama’ ini.

“Saya sangat mengapresiasi kekompakan para Kepala Daerah di daerah perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah ini, kami merasa ini satu wilayah yang sangat harmonis, sangat kondusif dan sangat prestatif,” ucapnya.

Porsenitas Daerah Perbatasan ke X Junjung Tinggi Sportivitas

Ia mengucapkan selamat bertanding dan berpesan kepada seluruh peserta Porsenitas dan seluruh pihak terkait lainnya untuk dapat menjunjung tinggi sportifitas.

“Ingat junjung tinggi sportifitas karena ini adalah olahraga, di era hari ini pahlawan-pahlawan yang dicari adalah rata-rata datang dari prestasi olahraga,” terangnya.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi ajang silaturrahmi dan siapapun yang menang harus didukung dengan semangat kebersamaan,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Majalengka Karna Sobahi mengatakan opening ceremony porsenitas tahun ini merupakan momentum yang sangat bersejarah.

Karena ungkapnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kami menghadiri secara langsung kegiatan opening ceremony tahun ini.

“Satu kebanggaan, baru pertama kali Gubernur dan Wagub hadir bersamaan, momentum yang sangat bersejarah bagi masyarakat Majalengka apalagi bertepatan dengan hari jadi yang ke 532 tahun,” katanya.

Atlet Porsenitas, kata Karna, juga akan dilibatkan dalam rangkaian kegiatan kirab budaya Hari Jadi ke-533 Majalengka.

Dimana dalam porsenitas ke X tahun 2023 tersebut juga digelar pameran produk unggulan dan penampilan kesenian. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakHari Jadi Ciamis ke-381, Ketua BEM Unigal Evaluasi Pembangunan Daerah
Artikulli tjetërBupati Herdiat Meminta kepada Para Calhaj Doakan Kebaikan untuk Kabupaten Ciamis