Pelepasan calon jemaah haji Kabupaten Ciamis oleh Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya. Foto/Ist

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya lepas 432 orang calon Jemaah Haji (Calhaj) asal Kabupaten Ciamis dan 8 orang petugas.

Pelepasan para calon jemaah haji tersebut berlangsung pada Rabu (7/6/2023) malam di komplek Islamic Center Ciamis.

Dalam sambutannya Bupati Herdiat berpesan kepada para calon jemaah agar tetap menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji.

Selain itu, Ia juga meminta kepada para calhaj untuk turut mendoakan kebaikan untuk Kabupaten Ciamis.

“Seluruh jemaah haji dari se-dunia bergabung dan kita harus selalu waspada dan tidak boleh abai kesehatan, perbanyak makan dan minum yang bergizi,” imbuhnya.

Herdiat juga menjelaskan bahwa selama dua tahun kebelakang ini masyarakat seluruh dunia tidak dapat menjalankan ibadah haji secara full atau normal.

Herdiat menyebutkan, hanya sebanyak 500 jemaah dari Kabupaten Ciamis yang bisa berangkat ke Mekah, dan itupun ada batasan pada usia.

“Hal ini akibat pandemi Covid yang berkepanjangan, dan tahun 2023 ini, Alhamdulillah dapat melaksanakannya secara normal kembali,” jelasnya.

Ia juga berpesan kepada para jemaah calon haji untuk senantiasa menjaga kekompakan dan saling membantu dalam pelaksanaan ibadah haji.

“Jaga kekompakan kerukunan, jangan mementingkan diri sendiri, paling tidak saling mengecek dan saling mengingatkan,” tuturnya.

Mendoakan Kebaikan untuk Kabupaten Ciamis 

Herdiat pun meminta kepada seluruh calon jema’ah haji agar mendo’akan Kabupaten Ciamis selalu limpahkan keberkahan oleh Allah SWT.

“Perbanyak berdo’a ditempat mustajab, baik untuk diri sendiri, keluarga, dan do’akan pula Kabupaten Ciamis kedepannya lebih baik dan maju lagi,” ucapya.

Panitia penyelenggara haji (PPIH) Ciamis, H.Usep Saepudin Muhtar menyebutkan, jumlah calhaj, kloter 41 Jks sebanyak 432 jemaah dan 8 petugas haji.

Pada kloter 41 Jks tersebut terdapat calhaj termuda dengan usia 23 tahun yang berasal dari Kecamatan Banjarsari atas nama Miptah.

Sedangkan calhaj usia tertua yaitu 94 tahun dari Kecamatan Panawangan atas nama Ibu Sariah.

Ia menambahkan, para calon jemaah haji Ciamis kloter 41 Jks, akan diberangkatkan dengan menggunakan 10 bus,

“Dan juga nanti ada 1 bus cadangan menuju asrama haji Embarkasi Kota Bekasi, Jawa Barat,” pungkasnya. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakOpening Ceremony Porsenitas ke-X ‘Kunci Bersama’, Ajang Mencetak Atlit Berprestasi
Artikulli tjetërRelevansi Predikat Kabupaten Layak Anak di Tengah Duka Korban Kejahatan Seksual di Ciamis