Niat Puasa Syawal
Ilustrasi Muslim Berdoa/ Pixabay

PASUNDANNEWS – Keutamaan dan niat Puasa Syawal sepanjang 6 hari di sebutkan dalam beberapa hadits. Salah satunya di riwayatkan Imam Muslim dalam kitab Shohihnya pada bab kesunahan puasa 6 hari Syawal. Selain itu, berpuasa 6 hari di bulan Syawal sama dengan puasa sepanjang satu tahun penuh.

مَنْصَامَرَمَضَانَثُمَّأَتْبَعَهُسِتًّامِنْشَوَّالٍكَانَكَصِيَامِالدَّهْر

“Barang siapa yang berpuasa Ramadhan setelah itu berpuasa 6 hari di bulan Syawal, hingga baginya( pahala) puasa sepanjang setahu penuh”.

Di lansir dari Detik.com, adapun keutamaan Puasa Syawal sepanjang 6 hari pula di riwayatkan dalam Hadits Ibnu Majah dari Thawban, seseorang budak yang di bebaskan Rasulullah.

حَدَّثَنَاهِشَامُبْنُعَمَّارٍ،حَدَّثَنَابَقِيَّةُ،حَدَّثَنَاصَدَقَةُبْنُخَالِدٍ،حَدَّثَنَايَحْيَىبْنُالْحَارِثِالذِّمَارِيُّ،قَالَسَمِعْتُأَبَاأَسْمَاءَالرَّحَبِيَّ،عَنْثَوْبَانَ،مَوْلَىرَسُولِاللَّهِـصلىاللهعليهوسلمـعَنْرَسُولِاللَّهِـصلىاللهعليهوسلمـأَنَّهُقَالَ‏”‏مَنْصَامَسِتَّةَأَيَّامٍبَعْدَالْفِطْرِكَانَتَمَامَالسَّنَةِ

Artinya: Seperti di narasikan dari Thawban, seseorang budak yang di bebaskan Rasulullah, Nabi SAW mengatakan,” Siapa saja yang puasa 6 hari sehabis Idul Fitri hendak berpuasa sepanjang satu tahun tersebut, dengan satu kebaikan di hargai 20 kebaikan seragam.”

Pahala puasa Syawal yang setara berpuasa satu tahun ini ialah salah satu keistimewaan yang di berikan Allah SWT kepada umat Nabi Muhammad SAW. Karena usia umat Nabi Muhammad lebih pendek di bandingkan umat terdahulu yang dapat menggapai ratusan tahun.

Di samping itu, keutamaan lain dari puasa Syawal pula ialah ibadah sunnah yang di harapkan bisa menyelamatkan manusia di hari akhir.

نْأَبِيهُرَيْرَةَ،عَنْرَسُولِاللَّهِصلىاللهعليهوسلمقَالَ‏”‏أَوَّلُمَايُحَاسَبُبِهِالْعَبْدُصَلاَتُهُفَإِنْكَانَأَكْمَلَهَاوَإِلاَّقَالَاللَّهُعَزَّوَجَلَّانْظُرُوالِعَبْدِيمِنْتَطَوُّعٍفَإِنْوُجِدَلَهُتَطَوُّعٌقَالَأَكْمِلُوابِهِالْفَرِيضَةَ”‏

Artinya: Seperti di narasikan Abu Hurairah, Rasulullah SAW mengatakan, Amalan awal yang di hitung dari seseorang manusia merupakan sholat. Bila sempurna hingga seluruhnya hendak tercatat lengkap, serta bila terdapat yang kurang Allah SWT hendak mengatakan,” Periksalah bila hambaku melaksanakan ibadah sunnah( nafil).” Bila ia melaksanakannya hingga ibadah harus hendak dilengkapi dari yang sunnah.( HR An- Nasai).

Bacaan Niat Puasa Syawal

Syekh Nawawi Al- Bantani dalam kitab Nihayah Az- Zain Fi Irsyad Al- Mubtadiin semacam dilansir dari web IslamiCity menuliskan teks niat Puasa Syawal.

نَوَيْتُصَوْمَغَدٍعَنْأَدَاءِسُنَّةِالشَّوَّالِلِلهِتَعَالَى

Arab latin: Nawaitu shauma ghadin an adâi sunnatis Syawwâli lillâhi taâlâ

Artinya:” Saya berniat puasa sunnah Syawal besok hari sebab Allah SWT.”

Selamat melaksanakan ibadah sunnah Puasa Syawal untuk teman hikmah Pasundannews.

(Gus)

Artikulli paraprakKode Redeem FF Terbaru, Hadiah Shuffling Emote gratis, Simak Caranya
Artikulli tjetërPemda Jabar Minta Pengunjung dan Pengelola Wisata Terapkan Prokes