Bupati Ciamis Herdiat Sunarya. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Ciamis gelar Musrembang (Musyawarah Rencana Pembangunan), Selasa (17/4/2024).

Dalam kegiatan ini membahasa tentang Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) 2025 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045.

Acara yang dilaksanakan di Aula Bapeda Ciamis itu secara langsung dibuka oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya didampingi Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra dan Plh. Sekretaris Daerah, Aef Saefoloh.

Turut hadir seluruh jajaran Forkopimda, para Kepala OPD, Pimpinan Instansi Vertikal, para Camat, Lurah Kepala Desa serta, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda mengikuti kegiatan baik langsung maupun virtual.

Dalam sambutannya Herdiat menjelaskan, acara ini mengintegrasikan Musrenbang RPJPD Ciamis tahun 2025-2045 dan RKPD Ciamis tahun 2025.

Hal itu menurutnya, sejalan dengan amanat undang-undang terkait perencanaan pembangunan nasional dan daerah.

“Musrenbang RPJPD dan RKPD ini merupakan kegiatan yang strategis dan memiliki nilai positif sebagai salah satu forum koordinasi dalam rangka memberikan saran dan masukan untuk penyempurnaan rancangan dokumen perencanaan yang sedang disusun,” katanya.

Pada rancangan RPJPD tahun 2025-2045 sesuai dengan hasil pembahasan telah disusun rancangan visi Kabupaten Ciamis yaitu Ciamis Nanjeur 2045 (Kabupaten Ciamis Religius, Maju, Tangguh dan Berkelanjutan).

Herdiat menjelaskan, dalam rangka untuk mewujudkan visi tersebut telah dirumuskan 8 misi.

Antara lain yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia, mewujudkan ekonomi yang inklusif dan berkualitas.

Kemudian, meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan yang inovatif mewujudkan transparansi akuntabilitas dan stabilitas ekonomi.

Selanjutnya mewujudkan masyarakat madani budaya Lestari dan lingkungan yang berkelanjutan, meningkatkan kualitas infrastruktur wilayah yang merata dan inklusif.

“Serta meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pelayanan dasar dan terakhir mewujudkan pembangunan yang berkesinambungan,” terangnya.

7 Prioritas Pembangunan Kabupaten Ciamis Tahun 2025

Herdiat menambahkan, pada dokumen rancangan RKPD tahun 2025 telah dirumuskan tema pembangunan yaitu pembuatan kemandirian masyarakat yang di jabarkan kedalam 7 prioritas daerah.

Pertama, Penanggulangan kemiskinan perlindungan sosial dan penyerapan tenaga kerja. Kedua, Peningkatan kualitas layanan pendidikan dan kesehatan.

Ketiga, Pengarusutamaan gender, peningkatan kualitas keluarga dan perlindungan anak, peningkatan peran pemuda pengembangan seni olahraga dan pelestarian budaya. Keempat, Peningkatan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas.

Kelima, Peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik berbasis Inovasi dan digital.

Keenam, Pembangunan infrastruktur secara merata dan berkelanjutan. Ketujuh, Peningkatan kualitas lingkungan hidup dan penanggulangan bencana.

Herdiat pun berharap melalui musrenbang ini seluruh peserta dapat berpartisipasi menyampaikan saran dan masukan terkait berbagai hal yang belum terakomodir untuk penyempurnaan menjadi dokumen rancangan akhir.

“Dengan begitu perencanaan yang disusun ini dapat menjadi dokumen yang bersifat komprehensif serta mampu menjawab permasalahan dan tantangan di masa yang akan datang,” tandasnya.

(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakHalal Bihalal PGRI Ciamis, Bupati Herdiat Apresiasi Kinerja Para Tenaga Pendidik
Artikulli tjetërPilkada Ciamis 2024, Demokrat bersama PKB Mulai Lakukan Roadshow Politik