KH. Yahya Cholili Staquf (Gus Yahya) saat berfoto bersama sejumlah Ketua PC NU Jawa Barat di Hotel The Priangan Ciamis. Foto/Istimewa.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Katib Aam (Sekjen) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Yahya Cholili Staquf (Gus Yahya) bersilaturahmi dengan sejumlah Ketua PC NU Jawa Barat.

Sejumlah Ketua PC NU yang hadir diantaranya dari Sukabumi, Pangandaran, Tasikmalaya, Ciamis, Kota Tasikmalaya, Garut, Sumedang, Majalengka dan Kota Banjar.

Acara silaturahmi tersebut berlangsung di Hotel The Priangan Ciamis, Jawa Barat pada Sabtu (23/10/2021) malam.

Dalam acara silaturahmi tersebut, Gus Yahya menyatakan kesiapannya maju menjadi calon ketua umum PBNU pada Muktamar ke-34 yang direncanakan gelar pada 23-25 Desember 2021 di Lampung.

Ketua PC NU Ciamis KH. Arif Choas mengatakan, pertemuan dengan sembilan Ketua PC NU bersama Gus Yahya tidak direncanakan sebelumnya.

“Pertemuan ini tidak direncanakan sebelumnya, karena memang bersamaan dengan kehadiran beliau pada acara pelantikan PC NU Ciamis,” kata Arif Choas.

Choas menyebutkan, pertemuan dengan para ketua PC NU Jawa Barat bersama Gus Yahya merupakan yang pertama kali menjelang Muktamar ke-34.

“Beliau menyatakan kesiapannya maju di Muktamar NU. Ya istilahnya beliau mengatakan mau mengabdi di NU,” katanya.

Gus Yahya memastikan dirinya maju sebagai calon ketua umum PBNU periode 2021-2026 kepada para ketua PC NU di Jawa Barat.

“Tadi saya bersama para ketua yang lain mendengarkan langsung kesiapan beliau maju di Muktamar, tentu saja niat beliau mengabdi dan juga kami dukung,” kata Choas.

Namun menurut KH. Arif Choas pertemuan tersebut bukan bersifat konsolidasi namun lebih kepada ta’aruf.

Gus Yahya Pernah Jadi Jubir Gus Dur dan Wantimpres Joko Widodo

Gus Yahya merupakan mantan juru bicara (jubir) Gus Dur saat menjabat sebagai Presiden RI dan pernah menjadi Wantimpres presiden Joko Widodo.

“Sekarang beliaumenjabat sebagai Katib Aam (sekretaris) PB NU. Beliau adalah putra dari KH Cholil Bisri,” tuturnya.

“Dari kapasitas beliau tersebut, sudah layak jika beliau memiliki niat ingin mengabdi di PBNU dengan mencalonkan sebagai Ketua Umum,” Choas menambahkan.

Selain bersilaturahmi dengan sejumlah ketua PCNU Jawa Barat, Gus Yahya hadir untuk melantik pengurus PC NU Kabupaten Ciamis periode 2021-2026 yang diketuai KH Arief Chowas.

Acara pelantikan berlangsung di Alun-Alun Ciamis pada Sabtu (23/10) malam. Sekaligus sebagai malam resepsi puncak dan salawatan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021.

Artikulli paraprakHujan Deras, Pohon Trambesi Tumbang Timpa Mobil di Ciamis
Artikulli tjetërBupati Ciamis Berikan Uang ‘Kadeudeuh’ kepada 13 Atlet Berprestasi PON XX Papua