Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Ciamis adakan Musyawarah Daerah (Musda) yang ke-IX.

Bertempat di Aula Sekretaris Daerah Ciamis, Jumat (23/9/2022), secara Bupati Ciamis Herdiat Sunarya membuka acara tersebut.

Turut juga hadir Ketua dan Sekretaris umum MUI Provinsi Jawa Barat, Wakil Bupati Ciamis, Unsur Forkopimda Ciamis, Sekretaris Daerah Ciamis, Ketua Baznas Ciamis, para Ketua Organisasi Islam serta para pengurus MUI Kabupaten maupun Kecamatan.

Ketua Panitia Penyelenggara, Wawan S Arifin melaporkan bahwa Musyawarah Daerah ini dilaksanakan setiap lima tahun sekali sesuai dengan amanat Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Majlis Ulama Indonesia.

“Kegiatan Musda MUI Ciamis ke sembilan ini dilaksanakan dua hari dari tanggal 23 sampai 24 September. Diikuti oleh sebanyak 85 peserta yang terdiri dari Pengurus MUI Kabupaten dan Kecamatan,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan 11 ribu paket sembako dari Pemerintah Daerah dan Baznas.

Dengan bersumber dari Infak ASN bagi masyarakat tidak mampu tercatat tidak tercatat sebagai penerima bantuan sosial apapun.

“Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Bupati Ciamis kepada para perwakilan penerima,” ujar Wawan.

Sementara itu, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dalam sambutannya, menyampaikan bahwa Ulama dan Umara adalah satu kesatuan yang tak bisa terpisahkan.

“Ulama dan Umara merupakan satu kesatuan, paling tidak bisa saling membantu sesuai dengan tugas dan kapasitasnya masing-masing dalam melayani umat,” ucapnya.

Selain itu, Herdiat juga mengatakan bahwa ulama adalah sebagai contoh dan suri teladan bagi masyarakat Kabupaten Ciamis dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

“Semoga pemerintah beserta para Ulama dapat maju seiring sejalan dalam menciptakan rasa nyaman, serta keamanan, ketertiban, dan kondusifitas di masyarakat,” ungkapnya.

Selanjutnya, dalam kegiatan Musda MUI ke IX tersebut Bupati berharap nantinya dapat terpilih Ketua dan pengurus MUI yang terbaik dari yang paling baik.

Diawali dengan niat yang tulus dan ikhlas, kata Herdiat, maka akan terpilih pengurus yang dicita-citakan dan diharapkan bersama.

“Tentu kami berharap pengurus yang baru nanti dapat berkolaborasi dan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah dalam memberikan kesejahteraan bagi masyarakat,” katanya.

Ia berharap, musda bisa terlaksana secara demokratis dan mufakat.

“Kami berharap pemilihan ini bisa dilaksanakan dengan demokrasi, musyawarah dan mufakat, kami percaya para sesepuh ini dapat memberikan contoh bagi kami dalam memilih. Sehingga dapat memilih yang terbaik dari yang paling baik,” tandasnya. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaSeorang Warga Cisaga Ciamis Akhiri Hidup dengan Gantung Diri di Pohon Area Tempat Pemakaman Umum
Artikel berikutnyaMelek Literasi Digital, PWI bersama PGRI Ciamis Kolaborasi Adakan Pendidikan Jurnalistik