TPK Sarimukti Kota Bandung Jawa Barat. Foto/Istimewa

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM – Saat momentum bulan suci Ramadhan 1445 hijriyah menjadi peluang untuk semakin berbenah lestarikan lingkungan.

Hal itu dibuktikan dengan upaya nyata pengelolaan sampah di Kota Bandung tepatnya di TPK Sarimukti.

Sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat Prima Mayaningtyas dalam keterangan yang diterima PasundanNews.com, pada Jumat (12/4/2024).

Menurutnya, sampah dari kawasan Bandung Raya yang ditampung TPK Sarimukti dapat terkelola dengan baik selama Ramadhan.

Diketahui, TPK Sarimukti menerima rata-rata 1.611,23 ton sampah atau sekitar 347 truk per hari dari Bandung Raya selama Ramadhan 2024.

Jumlah itu dengan pembagian volume, antara lain Kota Bandung total tonase sebesar 32.807,35 ton, Kota Cimahi total tonase sebesar 4.066,47 ton,

Kemudian, Kabupaten Bandung total tonase sebesar 5.669,64 ton, dan Kabupaten Bandung Barat total tonase sebesar 4.182,61 ton.

“Jadi keseluruhan selama Ramadhan adalah total ritasi 10.065 truk, total tonase sebanyak 46.726,06 ton,” kata Prima di Kota Bandung.

Ia melanjutkan, selama Ramadhan tahun ini, sampah dari wilayah Bandung Raya yang ditampung di TPK Sarimukti bisa terkelola dengan baik.

Prima menuturkan, dari data yang ada, Kota Bandung masih menempati urutan tertinggi volume sampah yang dibuang ke TPK Sarimukti.

Hal tersebut karena Kota Bandung merupakan kota metropolitan yang berpotensi menghasilkan sampah lebih banyak.

“Volume sampah dari Kota Bandung terbanyak, kedua dari Kabupaten Bandung, ketiga dari Kabupaten Bandung Barat, dan keempat dari Kota Cimahi,” ungkapnya.

Ia juga menegaskan, penanganan sampah di Sarimukti selama Ramadhan 2024 cukup lancar.

“Tak ada kendala yang berarti, sehingga sampah terkelola dengan baik,” pungkasnya.

(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakLibur Lebaran 2024, Ribuan Wisatawan Mulai Memadati Pantai Pangandaran
Artikulli tjetërOpadi selama Ramadhan 1445 H Capai Realisasi Penjualan Sebesar 90,14 Persen