Foto/Dok.Pasundannews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Ratusan calon kepala desa dan masyarakat Kabupaten Ciamis mendatangi kantor sekertariat daerah (Setda) Kabupaten Ciamis, Kamis (13/8/2020).

Kedatangan ratusan calon Kades tersebut ingin meminta kepada Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya untuk melawan keputusan Mendagri terkait penundaan pelaksanaan Pilkades.

“Seluruh calon kepala desa meminta kepada Bupati Ciamis agar pelaksanaan Pilkades bisa dilaksankan sesuai waktu yang ditetapkan,” ujar salah satu Calon Kepala Desa Utama, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Aep Zaman, dalam orasinya.

Aep mengatakan, upaya dan usaha Bupati Ciamis untuk konsultasi kepada Kemendagri sangat dihargai dan diapresiasi oleh para calon kepala desa dan masyarakat. Meskipun, hasilnya sangat tidak baik bagi calkades dan masyarakat.

“Mohon kepada Bupati Ciamis agar bisa melawan keputusan Mendagri. Kami siap menemani Bupati Ciamis untuk menemui Mendagri ke Jakarta,” katanya.

Sementara itu ditempat yang sama, salah satu Calon Kepala Desa Utama, Yoyo mengatakan, kalau penundaan pilkades ini alasanya Covid-19. Terus, kenapa pasar, mall dan tempat umum lainya dibuka.

“Kenapa tempat-tempat umum seperti pasar dan mall dibuka kalau alasannya Covid, tolong Mendagri bisa mempertimbangkanya karena Ciamis ini sudah kondusif,” katanya.

Menurutnya, tahapan pilkades di Ciamis saat ini sudah masa tenang. Karena, tinggal 2 hari lagi pemilihan. Maka, keputusan ini sangat mempermainkan calon kepala desa.

“Untuk pengamanan di semua TPS sudah siap, protokol kesehatan juga sudah diterapkan. Kenapa, kami dipermainkan dengan keputasan Mendagri,” tuturnya.

Yoyo meminta kepada Mendagri agar mempertimbangkan kembali keputusanya. Karena, di Kabupaten Ciamis tidak mengadakan pilkada dan Ciamis juga kondusif.

“Tahapan pilkades sebelumnya juga sudah di tunda karena alasan pandemi Covid-19, saat itu kami menerimanya untuk kesehatan bersama. Namun, ini tahapan sudah tinggal menghitung hari sudah mau fhinis kenapa di tunda. Saya minta Mendagri untuk mempertimbangkan lagi dan mengizinkan pilkades di Ciamis dilaksankan sesuai waktu yang ditentukan,” pungkasnya.

Setelah berorasi di depan Gedung Setda Ciamis, Ratusan Calon Kepala Desa melanjutkan orasinya di depan Gedung DPRD Kabupaten Ciamis. (Ferry/Pasundannews.com)

Artikulli paraprakKetua PC Garuda KPP-RI KBB: Meski Corona Datang lagi, Masyarakat tak Perlu Panik
Artikulli tjetërPemkab Ciamis Upayakan Pembuatan Izin Legalitas Produk UKM Secepat dan Semurah Mungkin