Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya bersama dengan Ketua TP PKK Kabupaten Ciamis, Hj. Kania Ernawati Herdiat saat berjalan di Catwalk memeragakan Busana Batik Ciamisan. Foti/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dalam rangka merawat warisan budaya TP-PKK Kabupaten Ciamis menggelar Lomba Peragaan Busana Pesona Gaun Batik Ciamisan.

Acara tersebut bertempat di Aula PKK Kabupaten Ciamis, pada Selasa (30/8/2022).

Sejumlah peserta yang mengikuti yakni Ketua TP-PKK Kecamatan Se-Kabupaten Ciamis.

Dalam kesempatan itu, turut hadir Bupati Ciamis didampingi Asisten, serta para Kepala OPD dilingkungan pemerintah Kabupaten Ciamis.

Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya membuka acara secara resmi. Menurutnya, karya seni khas daerah merupakan gambaran kehidupan yang ada di daerah tersebut dan diwariskan secara turun temurun.

Demikian juga halnya dengan Batik Ciamisan, sebuah karya seni yang dimulai sejak beberapa abad silam ketika Kerajaan Mataram Yogyakarta membawa seni membatik tersebut ke Ciamis yang masih dikenal dengan Kerajaan Galuh.

Kemudian, ia mengungkapkan apresiasinya atas penyelenggaraan Acara Peragaan Busana Pesona Gaun Batik Ciamisan yang merupakan bagian dari merawat dan mempertahankan budaya daerah.

“Saya atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Ciamis mengapresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan ini,” ungkapnya.

“Sehingga kalau tidak kita rawat jangan salahkan kalau diakui oleh daerah bahkan bangsa lain, dan kegiatan inilah sala satu bentuk dari merawat dan menjaga warisan dari leluhur kita,” tambahnya.

Kemudian, Herdiat menjelaskan bahwa Batik Ciamis pernah berjaya pada masanya. Bukan hanya di Ciamis ataupun di Indonesia, bahkan sampai mancanegara.

Terakhir, Herdiat mengajak agar sama-sama menjaga dan tetap melestarikan budaya Batik Ciamisan.

“Mari bersama-sama menjaga, melestariakan dan boomingkan kembali budaya warisan Ciamis ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Layaknya model diakhir acara Bupati Ciamis didaulat bersama-sama dengan Ketua TP PKK Kabupaten Ciamis untuk berjalan di Catwalk memeragakan Busana Batik Ciamisan.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakEvaluasi Kritis Kepemimpinan Pemerintah Eksekutif, Legislatif dan Polri
Artikulli tjetërKegiatan BSMSS Kolaborasi dengan Warga, Lestarikan Budaya Gotong Royong