Kegiatan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) yang digelar oleh Kodim 0613 Ciamis dan berkolaborasi dengan masyarakat. Foto/Ist.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Kegiatan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) digelar oleh Kodim 0613 Ciamis dan berkolaborasi dengan masyarakat.

Kolaborasi ini dilaksanakan bersama masyarakat di Dusun Kaso Desa Bojongmalang dengan melibatkan Polri dan instansi terkait Pemda Ciamis.

Acara bertempat di halaman Desa Bojongmalang Kecamatan Cimaragas, Selasa (30/8/2022).

Secara resmi, Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra membuka acara dan menyampaikan bahwa salah satu tujuan dari program BSMSS ini adalah untuk memupuk budaya gotong royong.

Selain itu juga agar terbinanya rasa kekeluargaan dan persaudaraan antara TNI Polri dengan masyarakat.

Yana menegaskan, budaya gotong royong dapat terus dijaga dan dipelihara oleh masyarakat dan jangan sampai terkikis oleh perkembangan zaman.

“Kita tahu budaya sauyunan gotong royong makin hari makin terkikis keberadaannya, salah satu penyebabnya adalah faktor industrialisasi, digitalisasi dan globalisasi,” ucapnya.

Yana melanjutkan, dampak negatif dari industrialisasi, digitalisasi dan globalisasi ini adalah bergesernya nilai manusia dari makhluk sosial menjadi makhluk transaksional.

“Kegiatan BSMSS ini merupakan bentuk manifestasi dari kolaborasi sinergitas kerjasama antara Pemda sampai dengan tingkat desa bersama TNI Polri untuk kembali membudayakan gotong royong,” ungkapnya.

Selain itu, kegiatan BSMSS ini mencoba menempatkan masyarakat bukan hanya sebagai objek saja tapi juga sebagai subjek pembangunan.

“Bagaimana caranya masyarakat bisa terlibat aktif sehingga memiliki rasa tanggung jawab rasa memiliki akan keberlangsungan pembangunan di daerahnya,” jelasnya.

TNI Bersama Rakyat Bangun Daerah

Sementara itu, Komandan Kodim 0613 Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., mengatakan program BSMSS ini sebagai dasar melaksanakan kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam rangka membangun daerah.

Selain itu juga untuk meningkatkan sinergitas TNI-Polri, Pemerintah dan Rakyat di wilayah Kabupaten Ciamis.

“Program BSMSS ini bertujuan untuk menumbuhkan nilai-nilai kebersamaan dan gotong royong masyarakat, kegiatan ini mengajak peran serta masyarakat untuk sama-sama TNI Polri dan Pemda dalam melakukan pembangunan di daerah,” Wahyu.

Ia berharap kegiatan ini kedepan dapat terus berjalan. Sehingga kemanunggalan TNI dengan rakyat dan komponen lainnya terus terjadi sinergitas dan bersama-sama membantu memperlancar pembangunan di Kabupaten Ciamis.

Diketahui, program BSMSS ini dimulai dari tanggal 29 Agustus sampai dengan 12 September 2022 dengan sasaran pembangunan fisik dan non fisik.

Untuk pembangunan fisik berupa peningkatan jalan Desa dengan sistem rabat beton sementara untuk non fisik berupa sosialisasi kesehatan, sosialisasi wawasan kebangsaan, penyuluhan keamanan, pelatihan pemasaran packaging produk lokal dan lain-lain.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakMerawat Warisan Budaya, Lomba Peragaan Busana Pesona Gaun Batik Ciamisan Mendapat Apresiasi
Artikulli tjetërSebanyak 100 Lembaga di Kabupaten Ciamis Ikuti Sosialisasi Hibah Keagamaan