PASUNDANNEWS.COM, BANDUNG- Masih rendahnya pengetahuan konsumen akan haknya, Menteri Perdagangan Indonesia, Enggartiasto Lukita dorong perlindungan konsumen dan juga kewajiban pedagang. Pasalnya, saat ini masih banyak terjadi konsumen yang diperdayai produsennya.

Dengan keterjadian fenomena yang demikian, Menteri Perdagangan Indonesia, Enggartiasto Lukita mengatakan, fenomena perdagangan saat ini meskipun sudah banyak konsumen yang mengetahui akan hak-haknya, akan tetapi tidak sedikit dari konsumen yang masih bisa diperdayai produsen nakal.

“Satu contoh yang menarik adalah yang terjadi dengan Pak Gubernur tadi. Jadi membeli sesuatu, tapi berbeda dengan apa yang digambarkan atau dijanjikan,” paparnya saat menghadiri peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2019 di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Selasa (19/3).

Diungkapkan Enggartiasto, ada dua kewajiban yang mesti bisa dipenuhi pemerintah, pertama mengedukasi terkait hal konsumen dan kedua mendorong produsen agar lebih bertanggungjawab dalam berdagang.

“Kalau kita mau berusaha dengan baik, penuhi janji dan komitmennya, kalau tidak, maka pada satu titik dia (produsen) pasti akan ditinggal,” ungkapnya.

Sebagai Menteri Perdagangan Indonesia, dia menegaskan, tidak hanya untuk memajukan pedagang saja melainkan konsumen pun harus diberdayakan sebagai target pada Harkonas 2019 ini.

“Menyadarkan para konsumen dan untuk meningkatkan bahwa konsumen harus diberdayakan, mempunyai kemampuan dan dia tau atas hak-haknya,” tandasnya. (al/tra)

Artikulli paraprakSeminar Kemuslimahan Bakal Digelar Rutin
Artikulli tjetërHeboh! Ribuan Relawan Jokowi di Subang Hadiri Deklarasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini