Al-quran/Pixabay

PASUNDAN NEWS – Jika anda sering membaca Al-quran tentunya akan tau dengan surat terpendek ini. Ya surat itu adalah Surah Al-Kausar yang merupakan surah ke-108. Hanya terdapat tiga ayat saja dalam surah ini. Karena hal itulah, Al-Kausar merupakan yang paling pendek dalam Al-quran.

Kitab suci Al-quran memiliki 30 juz dan Surah Al-Kausar berada pada juz 30 atau lebih di kenal dengan sebutan Juz Amma. Sebutan lain untuk juz bagian terakhir dalam Alquran.

Kenapa di namankan Juz amma?. Karena juz ke-30 pada Al-quran ini di mulai dari surah An Naba’, di mana surah ini di mulai dengan kata ‘amma’. Dan juz ini di akhiri dengan surah An Nas.

Sehingga, pada umumnya surah yang berada dalam Juz Amma lebih pendek dari surah-surah yang ada di juz lain. Surah-surah tersebut pun banyak tergolong surah Makkiyah. Termasuk surah Al-Kausar.

Kata Al Kausar sendiri bisa berarti nikmat yang banyak. Kata Al Kausar juga di sebut pada permulaan surah. Na hal ini juga yang menjadi landasan penamaan surah ini.

Di sebutkan telaga Al Kausar dalam ilmu Tauhid atau ilmu yang mempelajari ketuhanan, pada bab Hari Akhir. Kemudian telaga ini di siapkan bagi para penghuni surga.

Di dalam surah Al Kausar, secara garis besar berisi perintah menjalankan shalat dan berkorban. Allah menjanjikan kenikmatan bagi mereka yang beriman.

Surah Al-Kausar dan Artinya

Berikut ini adalah isi surah Al Kausar lengkap dengan artinya.

اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَۗ

1. Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak.

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ

2. Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).

اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ

3. Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah).

(Yul)

Artikulli paraprakBerikut Manfaat Zakat, Amalan Baik di Bulan Ramadan
Artikulli tjetërKantor Imigrasi Tolak Kedatangan 32 WN India