Pixabay

PASUNDAN NEWS – Setiap manusia tentu menginginkan dirinya agar bisa bermanfaat bagi orang lain. Karena setiap agama mengajarkan perilaku baik agar bermanfaat untuk masyarakat. Salah satu contoh hal baik yang bisa di lakukan adalah dengan beramal maupun zakat.

Seperti Di kutip dari Khaleej Times, Senin (26/4), Di dalam agama Islam ada perbuatan yang mendatangkan amal kebaikan serta Zakat atau sesuatu yang wajib untuk di lakukan.

Ketika kita memiliki sesuatu yang lebih apabila memberi kepada yang membutuhkan tentunya akan membantu masyarakat sekitar yang sedang berkembang.

Beramal melalui zakat tidak perlu memberi kepada yang terjauh. Berilah kepada orangtua, kerabat, tetangga, serta orang miskin.

Menebarkan kebaikan adalah inti dari amal shaleh. Ketika memberi jangan sampai mengharapkan pahala. Tujuan utama dari amal adalah meminta keridhaan Tuhan dan untuk kebaikan dari diri kita sendiri.

Riwayat Nabi Muhammad SAW Tentang Amal

Ada dua bentuk amal di dalam islam, yakni amal wajib dan amal sukarela. Yang biasa di sebut Zakat dan Shadaqah.

Sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an menyatakan:

“Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (An-Nahl: 97).

Selain itu, Nabi Muhammad (saw) pernah mengatakan bahwa amal terbaik adalah untuk memuaskan orang yang lapar. Kemudian Nabi mengatakan, “Tidak ada kekayaan seorang hamba Allah yang berkurang karena sedekah.”

Allah memerintah manusia agar beriman dengan cara merawat mereka yang membutuhkan seperti yatim piatu, orang miskin, dan anggota masyarakat lainnya yang sekiranya butuh pertolongan lebih.

Adapun Manfaat zakat sebagai berikut:

1. Dapat menenangkan hati

Berzakat dapat melatih umat muslim untuk ikhlas. Jika di lakukan dengan ikhlas dan tanpa paksaan sedikit pun maka dalam hal ini zakat dapat menjadi media untuk melatih kita menjadi pribadi yang ikhlas dan tulus melakukan kebajikan pada orang lain.

2. Menghapus Dendam

Mengeluarkan zakat dapat menghapus dendam, dan perasaan sakit hati dari orang-orang tak mampu.

3. Menyempurnakan Iman

Berzakat kepada mereka yang membutuhkan merupakan salah satu pilar agama Islam. Setiap muslim pasti berusaha melaksanakan amalan ini dengan tujuan melengkapi kewajiban yang diamanatkan agamanya.

4. Menghapus Dosa

Berbuat kebaikan dapat menambah pahala dan mengurangi dosa kita, atau bahkan menghapusnya.

Rasulullah SAW bersabda,

“Amal memadamkan dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. At-Tirmidzi dan An-Nasaai).

(Agus)

Artikulli paraprakBIN: Gugurnya Kabinda Papua Karena Kontak Senjata dengan KST
Artikulli tjetërMakna Surah Al-Kausar, Surah Terpendek dalam Al-quran