Kreatifitas Warga Lingkungan RT 016 Dusun Ciporoan Desa Sidaharja Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis membuat mobil Damkar Mini Semarakkan HUT RI ke-78. Foto/Ilham Hidayat.PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Kreatifitas warga Pamarican Kabupaten Ciamis menjadi sorotan ketika upacara peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia.

Pasalnya dalam peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar di Desa Sidaharja tersebut menjadi ajang menampilkan sejumlah kreatifitas warga.

Pantauan PasundanNews.com pada Kamis (17/8/2023), warga Dusun Ciporoan, Doni turut menunjukkan karyanya sehingga menarik perhatian semua peserta upacara.

“Mobil damkar (pemadam kebakaran) mini ini kami sengaja buat untuk ikut menyemarakan HUR RI ke-78,” ujarnya.

Aksi pemadaman api yang ditampilkan oleh warga Dusun Ciporoan pun turut mewarnai hiburan saat upacara HUT RI berlangsung.

Dalam aksi itu, warga menampilkan tindakan mitigasi para petugas pemadam kebakaran. Sontak aksi tersebut membuat banyak mata terpukau.

Doni menjelaskan, pertunjukan mobil damkar ini bukan hanya pada momen peringatan HUT RI saja, melainkan bertujuan yang lebih berkelanjutan.

“Bukan hanya sesaat, mobil damkar mini ini akan saya rawat. Bahkan, rencananya akan jadikan sarana pemadam kebakaran desa kami,” terangnya.

Gotong Royong Warga Lingkungan Dusun Ciporoan 

Ia menambahkan bahwa pembuatan mobil damkar mini ini melibatkan sejumlah warga lingkungan RT 016 Dusun Ciporoan dan memakan waktu kurang lebih satu minggu.

“Ide ini muncul karena pengalaman kami bersama warga lain saat membantu memadamkan kebakaran dengan alat cuci motor saat petugas datang,” katanya.

Dalam upaya membantu pemadaman tersebut, aksi gotong royong warga dan petugas berhasil mengatasi api yang berkobar.

“Inspirasi dari peristiwa tersebut mendorong kami untuk menciptakan mobil damkar mini ini,” tuturnya.

Dalam pembuatannya, warga Ciporoan menggunakan bahan dari cator (becak motor) dan melengkapi dengan peralatan steam.

“Tangki air yang digunakan dari drum dengan kapasitas air hingga 200 liter,” terang Doni.

Sementara itu, Kepala Desa Sidaharja, Haris Munandar, menyambut positif kreasi yang warga Dusun Ciporoan tunjukan.

Haris mengatakan, mobil damkar mini ini dibuat oleh warga dari pengalaman mitigasi kebakaran.

Kemudian ke depan, damkar mini rencananya akan dijadikan sebagai upaya penanganan dini kebakaran.

“Kami bersyukur memiliki warga yang kreatif. Mobil damkar mini ini adalah salah satu inspirasi dari peringatan HUT ke-78 RI di Desa Sidaharja dan akan sangat bermanfaat di masa mendatang,” tandasnya. (Ilham Hidayat/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakGiat Jumat Curhat Polsek Bantarujeg, Bikin Masyarakat Desa Babakansari Tersenyum
Artikulli tjetërTim Posyandu Rancah Ciamis Raih Juara I Tingkat Jabar 2023, Kado Istimewa di Momentum HUT RI ke-78