Ketua KPU Kabupaten Ciamis, Sarno Maulana Rahayu. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Ciamis melaksanakan tes CAT (Computer Assisted Test).

Hal tersebut dilakukan dalam rangka menyongsong pelaksanaan pemilu tahun 2024 di Kabupaten Ciamis.

Tes CAT ini dikhususkan untuk merekrut tenaga penyelenggara pemilu tingkat kecamatan atau PPK yang telah berlangsung pada Selasa (6/12/2022).

Ketua KPU Kabupaten Ciamis, Sarno Maulana Rahayu menjelaskan, tes CAT ini merupakan rangkaian tahapan rekruitmen tenga Ad-hoc dari beberapa tahapan yang sudah di lakukan.

“Rangkaian ini dilakukan sejak KPU ciamis mengumumkan tentang rekrutmen tenaga Ad-hoc penyelenggara pemilu tingkat kecamatan pada tanggal 24 Desember 2022 yang lalu,” ujarnya kepada PasundanNews.com, Rabu (7/12/2022).

Sementara itu, tahapan rekrutmen PPK ini dimulai pada tanggal 24 November 2022 dan pelantikannya sampai tanggal 4 Januari 2023.

“Ada beberapa tahapan yang harus di lalui oleh para calon PPK. Pertama adalah pendaftaran, kedua seleksi adminitrasi, ketiga tes tulis dengan menggunakan metode CAT, keempat wawancara,” katanya.

Sarno melanjutkan, ada yang baru dalam rekrutmen tenaga penyelenggara pemilu tingkat kecamatan pada pemilu tahun 2024 ini.

“Hal baru nya adalah KPU RI telah mengeluarkan aplikasi khusus yang di namakan dengan aplikasi yang di beri nama SIAKBA,” ungkapnya.

SIAKBA ini merupakan singkatan dari Sistem Informasi Anggota KPU dan badan Ad hoc.

“Jadi kalau pelamar mau daftar untuk menjadi PPK itu harus daftar secara online melalui SIAKBA,” jelasnya.

Jumlah Pendaftar Calon Anggota PPK

Berdasarkan data yang di dapat oleh KPU Ciamis ada sekitar 1500 san jumlah pendaftar. Selanjutnya dari jumlah tersebut di seleksi administrasi.

Hasil seleksi administrasi yang dilakukan oleh KPU Ciamis ada 915 orang yang bisa melanjutkan untuk mengikuti CAT. Rinciannya adalah laki-laki ada 591 dan perempuannya ada 324.

“Ini jumlah keseluruhan se Kabupaten Ciamis dan tersebar di masing-masing kecamatan. Jadi sebarannya itu antara kecamatan yang satu dengan kecamatan yang lain berbeda-beda,” terang Sarno.

Basic pendaftarannya memang disesuaikan dengan menurut kecamatan masing-masing artinya para pelamar di suatu kecamatan maka mereka melamar untuk kecamatan tersebut.

“Pelaksanaan tes CAT ini dilaksanakan di 2 sekolah yaitu di SMKN 2 Ciamis dan di SMKN Kawali,” tuturnya.

KPU Ciamis dalam hal penyelenggaraan ini hanya bertugas sebagai penyelenggara. Berkaitan dengan soal tes CAT pun soalnya itu berasal dari KPU RI.

“Kami berharap dalam tahapan tes CAT ini bisa menghasilkan para calon PPK yang kredibel dan kompeten dalam menyelenggarakan pemilu tahun 2024. Di pundak PPK penyelenggara pemilu di kecamatan akan dibebankan,” paparnya.

Selanjutnya setelah mengikuti CAT ini para calon PPK yang lolos mereka akan mengikuti tahapan selanjutnya yaitu tahapan wawancara.

“Jadi para pelamar yang lolos CAT ini memang secara kognitif pengetahuan tentang kepemilikannya sudah teruji dan di tahapan wawancara pengetahuan dan keterampilan pemilu nya akan diperdalam,” jelas Sarno.

Sehingga, sambungnya, para calon PPK yang lolos dan ditetapkan menjadi PPK ini memang sudah menjadi orang-orang pilihan di kecamatan masing masing sebagai penyelenggara pemilu tahun 2024.

Sementara itu, untuk mengetahui hasil pengumuman tes CAT bisa dicek melalui link bit.ly/PengumumanTesCATPPKCiamis.(Hendri/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaFestival Pisang di Cijeungjing Ciamis, Warga Maksimalkan Pengembangan Ekonomi Melalui Budidaya Pisang
Artikel berikutnyaBanjir di Cidolog Ciamis, Demokrat Bantu Perbaiki Jembatan Putus