Anggota DPRD Ciamis Fraksi Partai Demokrat, Erik Kridasetia saat melihat langsung jembatan yang sempat putus di wilayah Desa Ciparay Kecamatan Cidolog. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Banjir yang terjadi di Dusun Gunungsari, Desa Ciparay, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Ciamis terjang jembatan hingga terputus.

Namun, dengan bantuan dari berbagai elemen, jembatan tersebut akhirnya rampung diperbaiki.

Dalam hal ini, jembatan gantung yang menghubungkan dua wilayah itu diperbaiki oleh warga sekitar.

Beserta bantuan anggota DPRD Kabupaten Ciamis Fraksi Demokrat, Erik Kridasetia.

“Alhamdulillah, terimakasih pak Erik. Akhirnya jembatan ini bisa kembali digunakan masyarakat,” kata seorang warga Desa Ciparay, Gowi, Selasa (6/12/2022).

Selanjutnya, Gowi mengatakan jembatan gantung yang putus ini merupakan akses alternatif masyarakat disini.

Ia menyebutkan jika jembatan ini putus seperti kemarin masyarakat di sini nyebrang dengan menggunakan perahu karet.

“Warga di sebrang kemarin mereka terisolir saat jembatan putus akibat banjir, mereka jika nyebrang menggunakan perahu karet,” katanya.

Sehingga memotivasi warga untuk segera memperbaiki jembatan ini dengan anggaran patungan.

“Perbaikannya sempat membuat bingung warga karena ternyata dananya kurang. Tapi alhamdulillah ada anggota DPRD yang simpati dan membantu perbaikan ini sampai akhirnya selesai juga,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua RW setempat, Sodikin menceritakan bahwa warga di pelosok Desa Ciparay yang ada wilayah sebrang tepatnya RT 38 itu ada 60 kartu keluarga dengan jumlah jiwa sekitar 150 orang.

“Selama ini warga di sana memang belum merasakan fasilitas insfrastruktur yang layak. Bahkan jika ada yang sakit atau mau melahirkan mereka itu digotong menyebrang melewati jembatan ini,” jelasnya.

Kemarin saat jembatan ini putus mereka menyebrang menggunakan perahu karet.

“Yang sekolah, yang mau bertani dan beraktifitas lainnya nyebrang pake perahu karena jembatan putus sekitar dua mingguan,” kata Sodikin.

Namun sekarang akses jalan dari RT 37 menuju RT 38 sudah bisa dilewati lagi atas kebersamaan masyarakat sekitar memperbaiki jembatan ini.

“Alhamdulillah sudah bisa dilewati, saya juga berterimakasih kepada pak erik yang membantu kami memperbaiki jembatan ini,” tuturnya.

Warga Ciparay Harapkan Pemerintah Berperan

Kendati begitu, pihaknya tetap berharap kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis agar memperkokoh jembatan gantung ini menjadi jembatan permanen.

“Ya tetap keinginan masyarakat disini ingin jembatan ini menjadi permanen. Mudah-mudahan bisa apalagi kondisi jembatan ini sudah diketahui wakil rakyat kami,” kata Sodikin.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Ciamis, Erik Kridasetia pun turun langsung melihat jembatan yang baru saja selesai di perbaiki sekaligus mengadakan Reses ke III anggota DPRD Kabupaten Ciamis Fraksi Demokrat tahun 2022.

Saat dikonfirmasi Erik mengatakan selamat atas kebersamaan masyarakat akhirnya jembatan yang baru saja terkena bencana ini bisa kembali digunakan.

Erik mengapresiasi budaya gotong royong di daerah ini. Dia juga mengatakan dirinya akan mengupayakan jembatan ini agar dijadikan jembatan permanen oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis.

“Insha Allah, aspirasi masyarakat disini saya tampung dan segera mengupayakan jembatan gantung ini menjadi jembatan permanen,” katanya.

Ia bahkan mengatakan aspirasi atau keinginan masyarakat ini akan langsung diajukan kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis agar harapan itu bisa segera terealisasi.

“Mudah-mudahan tahun depan di realisasi oleh pemerintah daerah,” tandasnya.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaKPU Kabupaten Ciamis Gelar Tes CAT PPK, Berikut Hasilnya
Artikel berikutnyaBelajar di Sakola Motekar Ciamis, Ini Tanggapan Mahasiswa Australia