Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya saat menghadiri acara pentas seni tradisional di Gedung Kesenian Kabupaten Ciamis. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Kolaborasi kolotik, angklung dan marching band meriahkan acara pentas kesenian tradisional dalam rangka hari jadi Ciamis ke-380.

Kegiatan tersebut bertempat di Gedung Kesenian Kabupaten Ciamis, pada Rabu malam, (29/6/2022).

Diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Ciamis, kegiatan ini sebagai kesempatan untuk menampilkan kesenian khas Ciamis.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, mengaku bangga dan sangat mengapresiasi seni tradisional Ciamis yang begitu luar biasa.

“Seni tradisional Ciamis sudah layak untuk go internasional, kita mempunyai potensi seni tradisional yang luar biasa, tidak kalah dengan negara-negara lain,” ucapnya.

Memiliki Hak Paten

Apalagi dikatakan, kata Herdiat, bahwa alat musik tradisional Kolotik sudah memiliki hak paten.

“Kolotik ini kita punya hak paten. Mari kita nusantarakan alat musik ini agar semua orang dapat mengenalnya. Sehingga akan lebih maju dan berkembang,” ungkap Herdiat.

Ia pun berharap ke depan ada sekolah-sekolah yang berbasis budaya galuh. Dalam hal melestarikan dan mengembangkan budaya khas tatar galuh Ciamis.

“Pemerintah siap mendukung dan mendorong jika ada sekolah yang berbasis kebudayaan di Kabupaten Ciamis,” katanya.

Herdiat pun menutup dengan ungkapan apresiasi kepada para seniman dan Budayawan Ciamis yang senantiasa konsisten melestarikan seni dan budaya-budaya tradisional.

“Semoga kita semua para budayawan, seniman dan seluruh masyarakat dapat bersama-sama memajukan budaya yang kita miliki,” tutupnya.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaWabup Ciamis Sampaikan Pentingnya Keluarga sebagai Madrasah Pertama di Wisuda MDTA Attaqwa Cijeungjing
Artikel berikutnyaPelayanan Publik Semakin Mudah, Ini Rencana MPP di Yanlik Fest 2022