Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pangandaran Jawa Barat melakukan rukyatul hilal (pemantauan hilal) awal Ramadhan 1445 H/2024. Foto/Deni Rudini PasundanNews.com

BERITA PANGANDARAN, PASUNDANNEWS.COM – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pangandaran Jawa Barat melakukan rukyatul hilal (pemantauan hilal) awal Ramadhan 1445 H/2024.

Lokasi Pemantauan tersebut di Pantai Keusikluhur Dusun Cidahon, Desa Kertamukti, Kecamatan Cimerak, pada Minggu (10/3/2024)

Sebelumnya, Kabupaten Pangandaran merupakan salah satu dari 134 titik pemantauan hilal awal Ramadhan 1445 H yang tersebar di seluruh Indonesia, sementara itu di Jawa Barat sendiri terdapat 11 titik.

Kepala Kantor Kemenag Pangandaran, Yayan Herdiana mengatakan lokasi Pantai Keusik Luhur ini untuk ketiga kalinya atau tahun ketiga dijadikan titik penentuan rukyatul hilal.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Pemda Pangandaran yang telah mendukung kegiatan – kegiatan, salah satunya di kegiatan Rukayatul Hilal,” ujar Yayan Herdiana.

“Kita sambut bulan ramadhan dengan penuh suka cita, bukan duka cita, jangan jadikan beban hadirnya bulan suci ramadhan,” imbuhnya

Pantai Keusikluhur sudah terdaftar di Badan Hisab dan Rukyat Kemenag RI dan menjadi salah satu lokasi untuk penentuan rukyatul hilal dari 134 titik tersebar di seluruh Indonesia, dan 11 Titik di Provinsi Jawa Barat. (Deni Rudini/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakTerseret Ombak di Pangandaran, 2 Orang Nelayan Hilang
Artikulli tjetërTitik Lokasi Rukyatul Hilal Wilayah Kabupaten Pangandaran Tak Terlihat