PASUNDANNEWS.COM, BANDUNG – Puluhan perwakilan Organisasi kemasyarakatan (Ormas) se-Jawa Barat menghadiri undangan dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) yang bekerjasama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Jawa Barat, di GH Universal Hotel, Bandung, senin (14/10/2019).

Kegiatan mengusung tema ‘Forum Kemitraan Ormas Dalam Rangka Peningkatan Kapasitas Kelompok Perempuan, Difabel, Dan Kelompok Rentan/termajinalkan Lainnya’.

Turut hadir dalam acara perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum), Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat, Dr. H. Herri Hudaya, Dosen IPDN, Prof. Muchlis Hamdi, serta praktisi Ormas, Agung Wijaya.

Acara berlangsung dengan Informatif serta interaktif. Para pemateri menyuguhkan bahan aktual untuk dijadikan kajian serta masukan bagi Ormas maupun internal pemerintah.

“Setiap Ormas harus berkontribusi terhadap pembangunan di Jawa Barat, serta menjaga keamanan Jawa Barat dari segala kemungkinan yang dapat mengacaukan Jawa Barat. Harus gunakan pendekatan terhadap SKPD untuk menghilangkan stigma Ormas pericuh,” Ucap Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat, Dr. H. Herri Hudaya dalam penyampaiannya.

Sementara itu, Prof. Muchlis Hamdi menyampaiakan bahwa membentuk Ormas merupakan hak setiap warga negara dan itu terjadi secara alamiah.

“Jangan lupa, setiap Ormas juga memiliki Hak dan tanggung jawab,”tuturnya

Praktisi Ormas, Agung Wijaya menuturkan, kaum perempuan dan difabel jarang dilibatkan dalam setiap pengambilan keputusan termasuk untuk urusan mereka sendiri, seperti urusan keperempuan di Aceh masalah MCK, itu tanpa melibatkan perempuan, padahal perempuan dan laki-laki memiliki kebutuhan yang berbeda, pun dengan difabel seperti itu

“Jangan sampai Kita terjebak kepada bias gender Yang menyamaratakan semua hal laki-laki dan perempuan. Kesetaraan gender adalah persamaan hak laki-laki dan perempuan dalam mengakses setiap kesempatan dan peluang yang ada,” tegasnya

Artikulli paraprakSusunan Alat Kelengkapan Dewan yang di Resmikan DPRD Jawa Barat
Artikulli tjetërWagub Jabar Tekankan Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata