Danramil 1313/Banjar, Mayor Inf Dedi Suhendi (berkacamata) saat menaiki perahu bersama keluarga besarnya di Situ Lengkong Panjalu, Kabupaten Ciamis, Sabtu (2/3/2024). Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Keluarga Besar Koramil 1313/Banjar menggelar tradisi munggahan menjelang datangnya bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah di Situ Lengkong Panjalu, Kabupaten Ciamis, Sabtu (2/3/2024).

Sebanyak 24 keluarga (58 orang) mulai dari keluarga Danramil, anggota hingga anak dan istri anggota, berangkat dari Kota Banjar dengan menggunakan 10 unit kendaraan pribadi.

Menurut Danramil 1313/Banjar, Mayor Inf Dedi Suhendi, selain acara munggahan, kegiatan ini juga untuk mempererat hubungan silaturahmi keluarga besar Koramil 1313/Banjar.

“Dipilih Situ Lengkong Panjalu karena Situ Lengkong memiliki beragam daya tarik, baik dari segi alam, budaya, maupun sejarah,” ujar Mayor Inf Dedi Suhendi kepada pasundannews.com, Minggu (3/3/2024).

Dedi menambahkan, Situ Lengkong juga memiliki pemandangan alam yang indah, dikelilingi oleh perbukitan hijau dan asri serta terdapat pulau kecil bernama Nusa Gede yang dikelilingi oleh hutan lindung.

Di sana, keluarga besar Koramil Banjar juga menggelar Botram atau makan bareng, serta menaiki perahu mengelilingi Nusa Gede.

“Tidak hanya itu, kami juga berziarah ke Makam Mbah Panjalu (Hariang Kencana) Syekh Ngora,” tambah Mayor Inf Dedi Suhendi.

Syeikh Panjalu atau Mbah Panjalu adalah seorang ulama penyebar agama Islam di sekitar wilayah Ciamis, Jawa Barat. Lokasi makam Mbah Panjalu berada di pulau Nusa Gede, di tengah sebuah danau yang berada di sebuah bukit yang masuk wilayah kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Danramil berharap, melalui acara tradisi munggahan ini, dapat semakin memperkokoh tali silaturahmi dan kebersamaan di antara seluruh anggota dan keluarga besar Koramil 1313/Banjar. (Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakWarga di Lingkungan Cimenyan II Kota Banjar Mengusir Keluarga Pelaku Kegaduhan
Artikulli tjetërDani Danial Mucklis Didaulat Jadi Ketua Paguyuban Silat Tradisi Kota Banjar