Serah terima jabatan Ketua Paguyuban Silat Tradisi Kota Banjar dari H. Dian Sardiana (kanan) kepada Kang Dani Danial Mucklis (kiri) di tempat wisata Lembah Pajamben, Desa Binangun, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, Minggu (3/3/2024). Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Bertempat di Objek Wisata Lembah Pajamben Desa Binangun, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, paguyuban Silat Tradisi Kota Banjar menggelar Latihan Bersama, Minggu (3/3/2024).

Kegiatan bertajuk “Jawara Munggah Puasa”, ini menjadi momentum untuk mempererat tali silaturrahim antar paguron (perguruan) serta memperkuat kembali nilai-nilai tradisi seni beladiri.

Dalam suasana kegiatan yang penuh kebersamaan, terjadi serah terima jabatan Ketua Paguyuban Silat Tradisi Kota Banjar dari H. Dian Sardiana kepada Kang Dani Danial Mucklis.

“Jabatan ini adalah amanah dari Allah, sebagaimana contoh yang ditunjukkan oleh Sayyidina Abu Bakar Assiddiq,” ujar Kang Daniel sapaan akrab Dani Danial Mucklis.

Ia juga memaparkan rencana masa depan paguyuban ini. Salah satunya adalah melalui kegiatan tahunan “JAWARA PASEUK NAGARA” dan “JAWARA SABA DESA”.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan seni tradisi pencak silat sebagai bagian dari warisan budaya kepada masyarakat.

Selain fokus pada kegiatan seremonial, Daniel juga berkomitmen untuk menjadikan Paguyuban Silat Tradisi Kota Banjar sebagai wadah silaturrahim bagi seluruh pecinta seni tradisi, khususnya seni pencak silat di kota Banjar.

“Kami ingin memperluas cakupan paguyuban ini agar lebih banyak lagi yang dapat menikmati dan menghargai keindahan serta kearifan lokal yang terkandung dalam seni tradisi pencak silat,” tambahnya.

Dalam suasana penuh semangat, acara “Jawara Munggah Puasa” berlangsung sukses dengan partisipasi yang antusias dari seluruh anggota paguyuban dan masyarakat sekitar.

Semangat untuk melestarikan dan mengembangkan seni tradisi pencak silat di Kota Banjar semakin berkobar-kobar di bawah kepemimpinan baru Kang Dani Danial Mucklis. (Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakKeluarga Besar Koramil 1313/Banjar Gelar Acara Tradisi Munggahan di Situ Lengkong Panjalu Ciamis
Artikulli tjetërSambut Ramadhan 1445 H, FKDT Kecamatan Kalipucang Gelar Bersholawat Bersama Ribuan Santri