Sekda Kota Banjar, Soni Horison ikut kegiatan menanam pohon bersama Kodim 0613/Ciamis di lahan Kelompok Tani Hutan Balad Sangkur (area Lapas Banjar) , Kota Banjar. Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Sekretaris Daerah Kota Banjar, Soni Harison, menghadiri kegiatan Karya Bhakti Pembersihan Sampah dan Penanaman Pohon Kodim 0613/Ciamis, Senin (15/1/2024).

Kegiatan ini melibatkan berbagai elemen masyarakat, termasuk Anggota TNI/Polri, ASN, Karang Taruna, Jabar Bergerak, Ormas, dan anggota Pramuka.

Karya Bhakti Kodim 0613/Ciamis mencakup pembersihan area sungai Ciroas dan pasar Banjar, serta penanaman Pohon di area Lapas Kelas IIB Kota Banjar.

Sebanyak 1.000 Pohon ditanam, termasuk Bibit Pohon Mahoni, Akasia, Suren, dan Albasia, serta bibit pohon buah-buahan seperti Durian, Mangga, dan Sirsak.

Kegiatan dimulai dengan Apel Gelar Pasukan di Area Parkir Pasar Karang Taruna Kota Banjar, dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Komandan Kodim 0613/Ciamis, Kapolres Banjar, Kalapas Banjar, Perwakilan Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana, dan Tokoh Masyarakat.

Dalam pernyataannya, Komandan Kodim 0613/Ciamis, Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai wujud nyata TNI AD bersama rakyat.

Menyuarakan pentingnya gotong royong, Dandim 0613/Ciamis menyatakan bahwa kepedulian terhadap lingkungan membawa dampak positif, seperti lingkungan yang bersih dan masyarakat yang terhindar dari penyakit.

“Hari ini kita bersihkan sampah di kawasan Pasar Banjar dan Sungai Ciroas. Kami juga mengajak seluruh stakeholder dan masyarakat untuk bisa menghidupkan kembali budaya warisan bangsa Indonesia yaitu gotong royong. Salah satunya dengan aktif peduli menjaga lingkungan tetap asri dan indah,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Banjar menyambut positif kegiatan ini sebagai sinergi dan kolaborasi dengan Kodim 0613/Ciamis, sejalan dengan visi dan misi Kota Banjar untuk menjaga kelestarian alam.

Ia berharap sinergi ini berlanjut dan mengajak seluruh petugas untuk melaksanakan kegiatan dengan keikhlasan, menjadikannya ladang pahala di akhirat nanti.

“Kegiatan ini sejalan dengan visi dan misi Kota Banjar untuk menjaga kelestarian Alam. Saya berharap sinergi dan kolaborasi ini dapat terus berjalan,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Komunitas Balad Sangkur, Topik mengatakan

Ketua Balad Sangkur, Topik, A.md., menjelaskan bahwa penanaman di lahan Kelompok Tani Hutan (area Lapas Banjar) yang dilakukan Kodim 0613/Ciamis dan Forkopimda Kota Banjar adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian alam, serta memberikan kontribusi positif terhadap keberlanjutan lingkungan.

“Dengan menanam pohon diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan sehat,” ujarnya.

Topik berharap penanaman ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat sekitar, mendorong mereka untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitar.

“Dengan menanam pohon buah-buahan, diharapkan juga dapat meningkatkan ketahanan pangan lokal dan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat,” katanya.(Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakSembako Murah untuk Warga, Rohimat Resdiana Sampaikan Pentingnya Kebijakan Pro Rakyat
Artikulli tjetërPolres Banjar Beri Bantuan Layanan Kesehatan Untuk Petugas Sortir Surat Suara Pileg 2024