Rapat Koordinasi (Rakor) di Aula Vicon Mapolres Banjar, Selasa (30/1/2024). Rakor tersebut membahas upaya antisipasi kelelahan petugas saat pemungutan suara Pemilu 2024. Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Kapolres Banjar, AKBP Danny Yulianto, memimpin rapat koordinasi (Rakor) di Aula Vicon Mapolres Banjar, Selasa (30/1/2024).

Rakor tersebut membahas upaya antisipasi kelelahan petugas saat pemungutan suara Pemilu 2024.

Kapolres menyampaikan rasa terima kasih dan menyebut alasan utama kegiatan ini adalah mengacu pada pengalaman Pemilu tahun 2019 yang menunjukkan tingginya risiko kelelahan dan bahaya kesehatan bagi petugas.

“Penambahan surat suara akan menambah waktu penghitungan, berpotensi mengancam kesehatan petugas dari Polri, TNI, Linmas, dan petugas lainnya. Oleh karena itu, kami merumuskan strategi bersama untuk mengantisipasi masalah ini secara optimal,” ujarnya.

Kadinkes Kota Banjar Saefudin, mengatakan pihaknya akan koordinasi dengan penyedia kesehatan negeri dan swasta serta pemetaan resiko puskesmas.

Pihaknya juga akan mempersiapkan fasilitas kesehatan melalui Puskesmas untuk berkoordinasi dengan KPPS untuk mendapatkan data kesehatan.

“Kami akan berkoordinasi dengan penyedia kesehatan negeri dan swasta, memetakan risiko puskesmas, serta menyiapkan posko kesehatan dan breket di setiap puskesmas untuk mengantisipasi kejadian,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr. Fuad Hanif, mengatakan pihaknya akan melaksanakan pemeriksaan fisik kesehatan ketua dan anggota KPPS, serta petugas penyelenggara Pemilu.

“Kami akan melakukan pemeriksaan fisik ketua dan anggota KPPS, serta petugas penyelenggara Pemilu untuk memastikan kondisi kesehatan mereka,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjar, Kusnadi, mengatakan bahwa pihaknya akan stand by dan bergerak pada H-3, apabila ada kontak yang bersifat darurat.

Pihaknya juga akan mengupayakan pencegahan potensi bencana alam dan mengoptimalkan pelayan.

“BPBD akan stand by dan bergerak pada H-3, apabila ada kontak darurat. Kami juga akan mengupayakan pencegahan potensi bencana alam dan mengoptimalkan pelayanan,” tuturnya.

Dalam kegiatannya nanti Posko mobile akan diperkuat dengan backup wilayah yang kekurangan ambulance.

Tim Kesehatan Dokkes Polres Banjar menyatakan kesiapannya untuk unit Ambulance dalam membantu pasien yang tidak mampu bergerak secara mandiri.

Dengan upaya bersama ini, diharapkan pemungutan suara Pemilu 2024 dapat berjalan lancar tanpa mengorbankan kesehatan dan kesejahteraan para petugasnya.(Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPanwascam Langensari Gelar Press Release: Kampanye Pemilu 2024 Aman, Namun Pemasangan APK Melanggar
Artikulli tjetërHujan Deras dan Angin Kencang, Tenda Simulasi KPU Kota Banjar Ambruk