Kabupaten Ciamis meraih penghargaan Pinunjul (Program Inflasi Unggulan Juara Lahir Batin) tingkat Jawa Barat. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Kabupaten Ciamis meraih prestasi Pinunjul (Program Inflasi Unggulan Juara Lahir Batin) tingkat Jawa Barat.

Akhir tahun 2022 ini, Kabupaten Ciamis dibawah kepemimpinan Bupati Herdiat Sunarya mendapat penghargaan tingkat Jawa Barat.

Kabupaten Ciamis mendapat penghargaan sebagai Kabupaten/Kota terbaik ke-3 se Jawa Barat kategori non Indeks Harga Konsumen.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyerahkan penghargaan tersebut secara langsung kepada Bupati Ciamis Herdiat Sunarya.

Penyerahan penghargaan ini dilaksanakan dalam acara West Java Annual Meeting Tahun 2022 bertempat di Hotel Intercontinental Bandung, Senin (19/12/2022).

Untuk diketahui, penghargaan diraih atas inovasi Pemkab Ciamis dengan program cool storage-nya yang mampu menjaga stabilitas harga dan ketersediaan ayam ras.

Pada awal pandemi Covid-19 sektor peternakan khususnya ayam terkena dampak sangat signifikan yang mengakibatkan banyak peternak merugi akibat berlakunya pembatasan aktifitas.

Ayam terpaksa dijual murah karena di Ciamis belum tersedia tempat penyimpanan daging ayam skala besar.

Dengan program tersebut telah membantu para peternak lokal yang ada di Kabupaten ciamis.

Dimana cool storage ini mampu menampung 30 sampai 40 ton daging ayam serta dapat mengawetkan sampai dengan beberapa bulan.

Dengan adanya cool storage maka harga daging ayam bisa terjaga sehingga inflasi lebih bisa dikendalikan.

Menjadi Motivasi untuk Terus Meningkatkan Kinerja 

Dalam kesempatan tersebut Bupati Ciamis mengucapkan terimakasih dan merasa bangga atas penghargaan yang telah diraih oleh Kabupaten Ciamis.

Menurutnya, menjadi juara bukan merupakan target utama, akan tetapi yang terpenting adalah program yang pihaknya laksanakan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

“Sejak awal kita tidak menargetkan juara, yang terpenting adalah bagaimana dapat memberikan motivasi, begitu juga bagi kami (Pemda) semoga dapat meningkatkan kinerja lebih baik,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyampaikan, melalui kegiatan ini pada tahun 2023 mendatang Jawa Barat mempunyai benteng pertahanan yang baik serta mempunyai prediksi pertumbuhan ekonomi yang baik.

“Insyaallah tahun 2023 ekonomi Jawa Barat cerah, berita baik ini harus disikapi dengan kekompakan oleh para pemangku kepentingan, hasil dari kegiatan ini harus dijabarkan secara disiplin oleh kepala daerah,” ungkapnya.

Ridwan Kamil juga menilai investasi dan ekspor Jawa Barat diprediksi akan sangat baik di tahun mendatang, dengan digitalisasi yang harus senantiasa ditingkatkan.

“Contohnya pasar-pasar jual belinya sudah jangan pake cash tapi pake QRIS misalnya, kemudian akses-akses keuangan juga kita tingkatkan dan masyarakat fokus belanja barang produk dalam negeri”.

“Memantau urusan inflasi tim kita sudah canggih sudah ada program nya mudah-mudahan disepanjang tahun 2023 daya beli masih terjaga,” tandasnya.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakAtasi Krisis Pangan, Agun Gunandjar Beri Bantuan Alat Pertanian ke 12 Kelompok Tani di Ciamis
Artikulli tjetërKasdam I/BB Hadiri Upacara Peringatan Hari Infanteri TNI AD ke-74