Anggota Komisi XI DPR RI, Drs. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc., Ip., M.Si menyerahkan bantuan alat pertanian ke 12 Kelompok Tani di Kabupaten Ciamis. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Krisis pangan kini tengah menjadi keprihatinan bersama.

Hal tersebut disampaikan Anggota DPR RI, Agun Gunandjar Sudarsa saat melaksanakan reses di Kabupaten Ciamis.

Mengacu hal itu, pihaknya dari Dapil Jabar X memberikan atensi dalam bentuk alat-alat pertanian berupa traktor, pompa air dan alat keperluan pertanian lainya.

Sebanyak 12 Kelompok pertanian dari 4 kecamatan di Kabupaten Ciamis pun telah menerima bantuan alat pertanian.

Penyerahan alat pertanian kepada kelompok pertanian ini berlangsung di Sekretariat bersama DPD AMPI Kabupaten Ciamis, Minggu (18/12/2022).

“Kami sengaja memberikan atensi itu, semata-mata untuk mendorong dan memotivasi kepada kelompok tani lain dalam krisis pangan ini,” kata Agun.

Ia juga menyampaikan tentang digitalisasi farming. Hari ini masyarakat bertani itu sudah perubahan iklim sarananya terbatas, dan harus ada inovasi.

“Termasuk juga pada masalah pola ekonomi digitalisasi ini. Nantinya harus hati-hati kalau memberi nomor rekening ke orang lain. Kini sudah ada QRIS yang dapat memudahkan petani,” ucapnya.

Agun berharap dengan pemberian bantuan alat pertanian ini, mudah-mudahan saja para kelompok pertanian di Kabupaten Ciamis ini bisa lebih memahami lagi tantangan hidup.

Sementara itu, Ketua Kelompok Pertanian Jaya Abdi, Hanipudin mengucapkan terimakasih kepada Kang Agun dan semuanya yang telah memberikan bantuan alat pertanian ini.

“Alhamdulilah kami mendapatkan alat pompa air, kami dari Kecamatan Pamarican memang sangat membutuhkan alat ini untuk membantu para petani di wilayah Pamarican,” ucapnya.

Hanipudin menambahkan, untuk sektor pertanian di wilayah Pamarican sendiri yaitu Padi dan juga Palawija.

“Bantuan satu mesin pompa air ini kami kira cukup, kebetulan lahan pertanian kita itu dekat dengan Sungai Citalahab, bantuan ini sangat diperlukan sekali,” pungkasnya.

Sebagai informasi, 12 kelompok pertanian yang mendapatkan bantuan berupa alat pertanian yakni kelompok Jaya Makmur Sukahurip, Kecamatan Pamarican.

Kemudian, kelompok Mekar Bakti Handapherang, Kecamatan Cijeungjing, Puspa Seruni, Karangkamulyan, Cijeungjing, Sawah Lega, Karangkamulyan, Cijeungjing.

Selanjutnya, Gedung Cabang, Karangkamulyan, Cijeungjing, Pasuruan, Karangkamulyan, Mekar Jaya Kawali, Mufakat Karangkamulyan, Cijeungjing.

Budi Kamulyaan, Karangkamulyan, Cijeungjing, Berkah Mandiri, Pamalayan, Cijeungjing, Lowa Mandiri Pamalayan, Cijeungjing dan Lebak Karag Cipaku. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakSerahkan Bantuan Tunai 500 Juta, Agun Gunandjar Harapkan Pembangunan Masjid Agun Banjarsari Selesai 2023
Artikulli tjetërKabupaten Ciamis Raih Prestasi Pinunjul se Jawa Barat Tahun 2022