foto: Istimewa

PASUNDANNEWS.COM, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan kamil mengatakan, diselenggarakannya Jabar International Marathon (JIM) 2019 merupakan sport tourism yang bisa meningkatkan pariwisatan Pangandaran. Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan pada 1 Desember 2019.

Menurut Emil sport tourism maupun wisata event lainnya dapat menjadi media promosi kepariwisataan suatu daerah, termasuk JIM 2019. Apalagi, kata dia, pihaknya tengah berupaya menjadikan Pangandaran sebagai destinasi wisata kelas dunia.

“Ini adalah promosi pariwisata dengan cara inovatif jadi lari digabung dengan promosi pariwisata. Dan kenapa di Pangandaran? Karena ini adalah wilayah primadona Jabar dalam pengembangan pariwisata,” Ucap Emil dalam konferensi pers JIM 2019 di Gedung Sate, Bandung, Rabu (30/10/19).

JIM 2019 sendiri akan diikuti oleh 2.500 pelari dari berbagai dunia. Saat ini, sudah ada 1.015 pelari, termasuk dari Kenya, Amerika Serikat, dan Australia, yang mendaftar. Terdapat beberapa kategori dalam JIM 2019, yakni 42K, 21K, 10K, 5K. Rute JIM 2019 akan melintasi kawasan-kawasan wisata di Pangandaran.

“Lari adalah cara yang tepat untuk menjelajah kawasan yang menjadi titik wisata, pokoknya rutenya cocok untuk berswafoto,” lanjut Emil.

Emil juga optimistis kunjungan wisatawan ke Pangandaran akan terus meningkat apabila JIM rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Menurut dia, kunjungan wisatawan ke Pangandaran terus meningkat. Selain itu, total hadiah JIM 2019 menyentuh JIM 2019.

“Barang siapa yang bisa menyelenggarakan event selama 5 kali tanpa henti maka umurnya akan panjang maka saya yakin ini bisa meningkatkan kunjungan wisatawan dua kali lipat,” terangnya

Pada kesempatan yang sama, Emil juga mengatakan bahwa pihaknya akan terus memperbaiki akses menuju Pangandaran. Mulai dari pembangunan Bandara Nusawiru sampai mengaktifkan kembali jalur kereta api.

“Tahun ini sedang proses penerbangan pertama ke Pangandaran dari Bandara Husein Sastranegara. Semuanya sedang kami siapkan menjadikan Pangandaran primadona wisata di Indonesia dan dunia,” terangnya.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, JIM 2019 akan berpengaruh besar terhadap pariwisata Pangandaran.

“Saya yakin dengan konsep seperti ini akan menjadikan Pangandaran mendunia. Terima kasih kepada Bapak Gubernur ini jadi kado indah untuk HUT ke-7 Pangandaran,” ujarnya.

Maka itu, Pemerintah Kabupaten Pangandaran akan terus mendukung event tersebut dengan menyajikan sejumlah kesenian tradisional dan kuliner khas Pangandaran.

“Kami akan mendukung penuh jadi setelah beres acara akan ada ronggeng gunung dan mereka akan mencicipi kopi Pangandaran asli, makanan khas lainnya,” pungkasnya.

Artikulli paraprakBRSPDSN Wyata Guna Bandung Salurkan Alat Bantu Untuk Penyandang Disabilitas Sensorik Netra
Artikulli tjetërPuncak Perayaan HUT Jabar, Pemprov Gelar West Java Festival 2019