Puluhan tokoh budayawan Sunda dari berbagai daerah di Jawa Barat berkumpul di Situs Budaya Singaperbangsa 1 Kedung Astana Banjar Patroman, untuk mengikuti kegiatan "Nyalin" pada Rabu (6/3/2024). Foto/Hermanto.PasundanNews.com

BERITA BANJAR, PASUNDANNEWS.COM – Puluhan tokoh budayawan Sunda dari berbagai daerah di Jawa Barat berkumpul di Situs Budaya Singaperbangsa 1 Kedung Astana Banjar Patroman, untuk mengikuti kegiatan “Nyalin” pada Rabu (6/3/2024).

Ketua penyelenggara, Ending, menyatakan, kegiatan ini selain mempererat silaturahmi juga sebagai bentuk penghormatan kepada para leluhur. Ending menekankan bahwa kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan.

“Ya, kita berkumpul di sini sebagai bentuk penghormatan kepada para leluhur. Selain itu juga sebagai ajang untuk mempererat tali silaturahmi,” ujarnya.

Juru Kunci Situs Budaya Singaperbangsa 1, Mamat Rahmat, mengungkapkan bahwa kegiatan ini juga merupakan rangkaian acara munggahan menyambut bulan suci Ramadhan,

“Pada prinsipnya kami memberi do’a-doa kepada para leluhur yang memiliki sejarah dalam menyebarkan agama Islam di Kota Banjar. Dalam munggahan ini, kami juga saling memaafkan dalam menjelang bulan suci Ramadhan agar puasa kita lebih khusyu,” katanya.

Mamat menambahkan, kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari komunitas Kabuyutan Singaperbangsa, yang berharap agar momentum ini dapat terus berlanjut.

“Kami saling mendukung dan berharap pemerintah dapat menangkap geliat dari teman-teman Kabuyutan Singaperbangsa ini,” ungkap Mamat.

Sejumlah tokoh budayawan yang hadir juga mengungkapkan antusiasme mereka terhadap kegiatan ini.

“Kegiatan ini tidak hanya memperkokoh hubungan sesama budayawan, tetapi juga memperkuat rasa persaudaraan dan kebersamaan dalam menjaga dan melestarikan budaya Sunda,” ujar Ketua Dewan Kebudayaan Kota Banjar, Edi Susanto.

Di tengah kegiatan yang penuh makna ini, para peserta juga berharap bahwa kegiatan serupa dapat dilakukan di berbagai daerah di Jawa Barat, sebagai bentuk pelestarian budaya dan spiritualitas lokal.

Turut hadir pada kegiatan ini, Wakil Walikota Banjar periode 2018-2023, H. Nana Suryana, Sekda Kota Banjar, H. Soni Harison, Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kota Banjar, Tatang (Tato).

Selanjutnya, Camat Purwaharja, Rina Purnama Sari, Danramil 1313/Banjar, Mayor Inf Dedi Suhendi, Kapolsek Purwaharja, Iptu Ahmad Iskandar.

Kemudian, Lurah Karangpanimbal, Shelsa, tokoh budayawan Kota Banjar, Dani Danial Muchlis, tokoh masyarakat, serta tokoh budayawan lainnya yang datang dari berbagai daerah. (Hermanto/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakBangkitkan Olahraga Billiard, Pocket Billiard Resmi Dibuka di Kota Banjar
Artikulli tjetërPocket Billiard Kota Banjar Berkomitmen Dukung Pemenuhan Hak Beribadah dan Syariah