PASUNDANNEWS, CIANJUR – Menjelang new normal di Kabupaten Cianjur, sejumlah ruas jalan kabupaten menuju akses tempat wisata dan pemukiman penduduk di Cianjur utara, diperbaiki Dinas Pekerjaan Umum Pemukiman Rakyat (PUPR) Kabupaten Cianjur dan dikerjakan UPTD Wilayah 1 Pacet, Kamis (11/06/2020). Pemeliharaan jalan tersebut, merupakan program Dinas PUPR atas pengajuan dari UPTD wilayah 1 Pacet tahun 2020.

Kepala Cabang UPTD Wilayah 1 Kecamatan Pacet Aris Muharam S.AP menjelaskan, beberapa ruas jalan yang sudah rusak di wilayah Kecamatan Pacet, dan Cipanas kini tengah dilakukan perbaikan. Upaya ini diharapkan bisa meningkatkan taraf perekonomian, dan mempermudah akses transportasi masyarakat serta wisatawan.

“Pekerjaan perbaikan jalan sedang dilaksanakan Jalan Pacet Beunying hingga Cibodas Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur sepanjang 2,8 Km, dan lebar 4 meter dengan tambal sulam / lapen,” jelasnya saat ditemui dilokasi perbaikan jalan Cibodas.

Diterangkannya, ruang jalan tersebut akses utama masyarakat dan juga penghubung wisatawan ke beberapa wisata andalan Cianjur seperti Taman Bunga Nusantara. Sebelum diperbaiki kondisinya rusak berlubang besar, dan kini jalan sudah mulus kembali.

“Ditengah masa pandemi covid -19 ini dan memasuki masa new normal, saya harapkan kondisi perekonomian bisa kembali meningkat, dan akses transportasi kembali lancar. Makanya kami tim UPTD wilayah 1 langsung turun ke lapangan memperbaiki akses jalan utama masyarakat dan wisatawan,” tuturnya

Pihaknya mengakui memang perbaikan jalan tersebut menjadi tugas dan fungsinya sebagai tim Dinas PUPR Kabupaten Cianjur, namun hal ini tidak akan mulus jika tak ada peran serta warga dalam merawat jalan yang sudah diperbaiki.

“Kami harapkan kerja sama masyarakat agar tetap memeliharanya demi kelancaran bersama, termasuk
masyarakat pengguna jalan,” jelasnya.

Ditambahkan Aris, pihaknya pun baru memperbaiki jalan Simpang Loji – Ciseureuh Desa Batulawang Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur dengan cara lapen. Mengingat kondisi jalan tersebut memang sudah rusak, sehingga perlu penangan yang serius.

“Jalan Batulawang ini merupakan jalan penghubung
alternatif menuju Bogor yaitu Puncak 2. Maka tak
heran jalan ini sering dipakai lalu lalang kendaraan
baik roda empat maupun roda dua, jadi ini menjadi prioritas kami,” paparnya

Selain itu juga pihaknya sudah melaksanakan perbaikan di jalan Paragajen ke arah Kebun Raya Cibodas sepanjang 2 km. “Kami melakukan perbaikan di ruas jalan yang sudah kami programkan. Untuk anggaran sendiri bersebut dari dana tahun Anggaran 2020 untuk pemeliharaan jalan,” tukasnya. (Pasundannews / fhn)

Artikulli paraprakYKAL dan Aqua Lestarikan Kawasan Sub DAS Cibeleng Bersama Stakeholders
Artikulli tjetërDanseskoad Secara Resmi Buka Pendidikan Reguler LIX Seskoad “5i9ap” TA. 2020 Melalui Media Video Conference