Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Jalur selatan Jabar (Jawa Barat) lintas Kabupaten Ciamis sudah mulai naik sejak H-7 Hari Raya Lebaran.

Kondisi arus kendaraan pemudik tersebut akan terus naik pada puncaknya yang diprediksi pada 29 dan 30 April 2022, sebagaimana yang dilaporkan Antara.

“Sudah mulai ada peningkatan sejak kemarin. Berdasarkan catatan kami H-7 dan H-6,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis Achmad Yani. Kamis (28/4/2022).

Achmad Yani mengatakan hasil perhitungan arus kendaraan sebanyak 57 ribuan unit kendaraan.

“Sebanyak 57 ribuan unit kendaraan dari arah barat menuju timur atau Bandung menuju Jawa Tengah pada H-7,” tuturnya sekaligus memantau penggunaan area traffic control system (ATCS) di Kabupaten Ciamis.

Terdapat perbandingan di tahun sebelumnya. Kata dia, ada kenaikan sebesar 50 persen. Angkat itu didominasi kendaraan roda dua melewati jalur Ciamis.

“Masyarakat sebagian memang sudah ada yang mudik lebih awal,” katanya.

Jalur Selatan Jabar Dinilai Layak

Jalur selatan Jabar lintas Ciamis sudah dinilai layak. Menurutnya, jalur alternatif itu kondisinya sudah bagus. Serta dilengkapi dengan rambu-rambu yang akan memberikan kenyamanan dan aman bagi pengguna jalan.

“Jika terjadi kepadatan arus kendaraan di jalan nasional Ciamis, akan dialihkan ke jalur alternatif. Seperti Jalan Cimaragas, Jalan Lingkar Selatan Ciamis, Jalan Panumbangan-Panjalu dan Jalan Cisaga,” terangnya.

Yani melanjutkan, apabila ada rekayasa lalu lintas, pihanya siap arahkan pemudik ke jalur alternatif tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat meninjau arus lalu lintas kendaraan di Ciamis menyampaikan prediksi tentang perkiraan arus mudik.

Menurutnya, akan ada belasan juta pemudik yang datang ke wilayah Jabar pada musim mudik Idul Fitri 1443 Hijriah.

“Menurut estimasi kami, akan ada 16 juta masyarakat. Mereka akan masuk ke wilayah Jabar selama mudik, kemudian orang yang keluar ada 9 juta,” tandasnya.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaDishub Ciamis Manfaatkan ATCS Guna Pantau Arus Lalin di Jalur Mudik
Artikel berikutnyaCovid-19 Masih Menjadi Prioritas, Bupati Ciamis Tegaskan Penanganan Secara Maksimal