Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya meresmikan jalan penghubung desa di Desa Karangpari, Kecamatan Rancah. Foto/Prokopim Setda Kabupaten Ciamis.

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Salah satu jalan penghubung antar Desa di Desa Karangpari Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis selesai dikerjakan.

Jalan tersebut merupakan jalan penghubung tiga Desa, yakni Desa Cileungsir, Desa Karangpari dan Desa Bojonggedang.

Jalan yang memiliki panjang kurang lebih sembilan kilometer ini diresmikan langsung oleh Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, pada Kamis (19/5/2022).

Herdiat menyampaikan dalam sambutannya, bahwa segala bentuk pembangunan infrastruktur baik berupa jalan, jembatan maupun irigasi sudah merupakan tanggung jawabnya.

“Terkait pembangunan, seharusnya jangan berterima kasih pada saya. Karena ini sudah kewajiban saya. Wajib hukumnya membangun daerah dan mensejahterakan masyarakatnya,” ungkap Herdiat.

Upaya Sejahterakan Masyarakat Ciamis

Herdiat melanjutkan, selama ini pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin untuk perubahan Ciamis yang lebih baik dan masyarakatnya sejahtera.

“Saya telah berupaya sekemampuan saya. Namun masalah puas dan tidaknya masyarakat itu hal biasa. Sebab jika 1 juta 5 ratus penduduk harus dipuaskan semua adalah hal yang tidak mungkin. Karena setiap orang beda keinginannya,” katanya.

Di sisi lain, ia mengaku sangat bahagia. Apabila program pemerintah dapat diterima dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Bahagia jika program pemerintah diterima dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Berbeda jika ada program tidak direspon, tidak dimanfaatkan oleh masyarakat maka akan terasa sia-sia dan mubadzir,” ungkapnya.

Dapat Mendongkrak Pertumbuhan Ekonomi

Herdiat menuturkan, dengan diresmikannya jalan tersebut diharapkan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Saya menyadari pentingnya pembangunan infrastruktur bagi masyarakat. Apalagi jalan merupakan akses terpenting untuk mendongkrak perekonomian masyarakat,” tuturnya.

Herdiat pun berpesan kepada masyarakat agar dapat memelihara jalan yang baru diresmikan tersebut. Sehingga tidak cepat rusak dan dapat bertahan lama.

Selanjutnya ia juga berjanji akan memasang 20 titik lampu penerangan di jalan tersebut.

“Mudah-mudahan dengan do’a dari bapak ibu semua kami bisa terus berbakti. Serta memberikan yang terbaik pada masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Karangpari Sukmana mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis.

“Alhamdulillah jalan sepanjang 9 Kilometer sudah bisa dimanfaatkan masyarakat. Semoga jalan ini bisa bermanfaat untuk transportasi dan meningkatkan perekonomian umum ya masyarakat Desa Cileungsir, Desa Karangpari dan Desa Bjonggedang,” tutupnya.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakCiamis Gelar Yanlik Fest, Upaya Tingkatkan Pelayanan Publik
Artikulli tjetërBupati Ciamis Lantik 78 Kepala Desa Terpilih