Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Ciamis menggelar peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1444 H, pada Selasa (21/2/2023).

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dan Wabup Yana D Putra turut hadir dalam kegiatan yang berlangsung di halaman Pendopo Ciamis tersebut.

Tampak hadir pula jajaran Forkopimda, Sekda Ciamis, Para Asisten, Kepala SKPD, Camat, Tokoh Agama serta ikuti oleh ribuan jamaah pengajian Mar’atus Sholihah Masjid Agung Ciamis.

Wabup Yana D Putra menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh masyarakat muslim dan para jama’ah.

Karena dengan tulus ikhlas telah meluangkan waktunya untuk bersilaturahim mengikuti pengajian dalam rangka peringatan Isra Miraj.

Ia berharap kegiatan ini dapat jadikan ajang intropeksi dan evaluasi diri untuk lebih baik terutama dalam meningkatkan kualitas ibadah shalat lima waktu.

“Mari kita tingkatkan kualitas shalat kita dengan mengevaluasinya apakah shalat kita sudah benar, sudah menjauhkan diri dari perbuatan keji dan mungkar,” ujarnya.

Hal tersebut ditegaskan karena mengingat peristiwa Isra Miraj merupakan salah satu tonggak lahirnya ibadah shalat lima waktu.

Menurut Yana, ibadah yang laksanakan dengan baik dan benar, akan mampu menciptakan keshalehan individual maupun keshalehan sosial dalam diri seseorang.

“Jangan sampai kita rajin shalat namun maksiat juga tetap jalan, yang terpenting implementasikan dan aplikasikan makna shalat dalam kehidupan sehari-hari,” tegasnya.

Baca Juga : Cara Wabup Yana Ajak Warga di Pamarican Ciamis Memahami Makna Isra Mi’raj

Dari Shalat ke Hubungan Shaleh secara Sosial

Lebih lanjut, kata Yana, kaitan dengan shalat berdampak kepada keshalehan sosial.

Berkaitan dengan hal itu, Yana mengungkapkan, Pemkab Ciamis telah mengeluarkan Perbup Nomor 46 Tahun 2021.

Perbup tersebut mengatur tentang pengelolaan zakat yang merupakan salah satu upaya Pemda menciptakan keshalehan sosial bagi warga masyarakat Ciamis.

“Insyallah dengan Perbup tersebut keshalehan sosial kita akan terbentuk, paling tidak menggugah kita dalam menyisihkan harta kita untuk saudara kita yang membutuhkan,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan melewati kegiatan ini bisa meningkatkan keimanan ketaqwaan kita kepada Allah paling tidak menjaga shalat dan mengimplementasikan makna shalat,” imbuhnya.

Sementara itu, hadir memberikan tausyiah dalam peringatan isra mi’raj kali ini adalah KH Asep Syamsudin M. Si.

Diketahui dalam, kesempatan tersebut Bupati Ciamis beserta jajaran menyerahkan bantuan secara simbolis bagi masyarakat yang terdampak bencana.

Baik bencana alam maupun bencana kebakaran, serta rutilahu yang bersumber dari Infak ASN yang kelola oleh BAZNAS Kabupaten Ciamis. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakSidang Bawaslu Ciamis, KPU Dinyatakan Tidak Terbukti Melakukan Pelanggaran
Artikulli tjetërMuscab MPC Pemuda Pancasila Ciamis, Wabup Yana : Ormas PP Jadi Teladan Terapkan Nilai Pancasila