Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya saat menanam padi bersama puluhan siswa SD di Desa Janggalaharja Kecamatan Rancah. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Inovasi Anjani Merakit Gamis merupakan inovasi Pemerintah Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis.

Kegiatan inovasi tersebut berlangsung di Area Pertanian Desa Janggalaharja Rancah dan turut hadiri Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Jumat (19/5/2023).

Diketahui, ‘Anjani Merakit Gamis’ merupakan kepanjangan dari Ajarkan Anak Sejak Dini Bertani Menuju Rancah Bangkit untuk Ciamis Agraris’.

Dengan upaya mengenalkan dan menanamkan betapa pentingnya pertanian dalam penopang pangan khususnya Kabupaten Ciamis.

Kegiatan diikuti oleh siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) yang berada lingkungan Desa Janggalaharja dan sekitarnya.

Dalam sambutannya, Bupati Herdiat mengaku bangga dan mengapresiasi inovasi bertani tersebut.

Ia berharap kegiatan tersebut tidak pada wilayah Rancah saja namun bisa kembangkan secara lebih luas se Kabupaten Ciamis.

“Ini merupakan Inovasi, gagasan yang sangat luar biasa, mudah-mudahan Anjani Merakit Gamis ini bisa dikembangkan dari Rancah untuk Ciamis,” katanya.

‘Anjani Merakit Gamis’ Inovasi Berkelanjutan

Herdiat pun menyetujui bahwa pengenalan terhadap pertanian haruslah diberikan kepada anak-anak dari sejak dini.

“Apalagi Ciamis ini tanahnya subuh, air melimpah tentu ini bisa manfaatkan dan kembangkan oleh para generasi muda saat ini,” jelasnya.

Selain itu, ia berharap program tersebut dapat laksanakan secara berkelanjutan, karena akan berdampak positif pada sektor pertanian Kabupaten Ciamis.

“Jangan sampai program ini 1 bulan 2 bulan padam, inovasi ini terus kembangkan, karena akan berdampak positif bagi prekonomian kabupaten Ciamis,” jelasnya.

Ke depan, Pemda, kata Herdiat, akan senantiasa mendukung, baik dari segi moril maupun materil bagi kesejahteraan masyarakat khususnya bidang pertanian.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Rancah Agus Susilo mengatakan bahwa Inovasi Anjani Merakit Gamis ini datang dari rasa prihatin kepada generasi muda yang mulai melupakan pertanian.

“Sehingga kami ambil keputusan untuk membuat Inovasi menanamkan dan mengenalkan kepada para siswa,” katanya.

“Sekarang baru di tingkat SD, kedepannya tingkat SMP dan SMA akan kami ikut sertakan,” imbuhnya.

Camat agus juga menyampaikan terimakasih kepada Bupati Ciamis yang telah berkenan hadir dalam acara tersebut.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pertanian, Kepala DPMD, Unsur Forkopimcam beserta tamu undangan lainnya. (Herdi/PasundanNews.com) pada 

Artikulli paraprakJumat Berkah, Polsek Bantarujeg Kembali Gelar Kegiatan Gerobak Senyum di Depan Masjid An Najah Bantarujeg
Artikulli tjetërNBA, Nuggets kembali Bungkam Lakers unggul 2-0