PASUNDANNEWS.COM,BANDUNG — Kaum disabilitas mempunyai potensi yang sebanding dengan lainnya. Sehingga menurut Ketua Yayasan Daya Inspirasi Disabilitas Indonesia Dudu, pemerintah harus melihat dan mengembangkan potensi para kaum disabilitas.

Hal itu dikatakan Dudu, saat dirinya berbincang dengan Calon Anggota Legislatif DPR-RI dapil I (Bandung-Cimahi) Boyke Febrian Mohammad.

Penyandang disabilitas netra itu mengaku merasa nyaman dengan komunikasi yang dilakukannya dengan caleg dari partai berlambang pohon beringin ini.

Dudu mengatakan, ada empat komponen yang harus diberikan oleh pemerintah dan masyarakat kepada para kaum difabel. Dari mulai kepercayaan, kesempatan, wadah, dan juga pendampingan.

“Setiap difabel punya potensi dan bisa mandiri. Pemerintah dan masyarakat harus memberikan kesempatan empat poin itu,” kata Dudu.

Selain itu, akar permasalahan yang terjadi terkait undang-undang disabilitas yang belum dipahami pemerintah. Padahal dalam undang-undang tahun 2016 sebesar 2 persen kau disabilitas bisa bekerja di lembaga negara, dan 1 persen di lembaga swasta.

“Saya kira akar permasalahan ada di pemahaman undang-undang. Padahal potensi kaum disabilitas sangat luar biasa dimanfaatkan,” jelasnya.

Menanggapi hal itu, Calon Anggota Legislatif DPR-RI dapil I Jabar (Bandung-Cimahi) Boyke Febrian Mohammad mengatakan, siap membawa aspirasi dari para kaum disabilitas terkait potensi yang dimiliki.

Dudu kata Boyke, berdiskusi banyak soal potensi yang dimiliki oleh yayasan tersebut. Sehingga kata Boyke, pihaknya akan menampung apa yang menjadi keinginan soal pengembangan potensi dari para kaum disabilitas.

“Saya siap membawa aspirasi mereka. Karena kemarin saya mendengar banyak curhatan Dudu, saat saya mencoba terapi kesehatan olehnya,” pungkasnya. [iing]

Artikulli paraprakCapital Building; Alexisnya Sumatera Utara
Artikulli tjetërPerkuat Wawasan Kepemiluan, HMI Gelar Sekolah Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini