Foto/Prokopim Setda Kabupaten Ciamis

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEW.COM – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menyampaikan jawaban dan tanggapan atas pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Ciamis.

Jawaban dan tanggapan terhadap LKPJ tahun anggaran 2020 tersebut Bupati Herdiat sampaikan pada rapat Paripurna DPRD Ciamis, Senin (29/3/2021).

Turut hadir dalam rapat Paripurna, Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, Sekda Ciamis, H Tatang, Forkopimda Ciamis serta diikuti OPD lingkup pemerintah Kabupaten Ciamis secara virtual.

Herdiat menyatakan, LKPJ tahun 2020 merupakan pertanggungjawaban pada rencana pembangunan jangka menengah Pemda Kabupaten Ciamis tahun 2019-2024.

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh fraksi yang telah memberikan perhatian begitu besar terhadap pelaksanaan pembangunan Kabupaten Ciamis,” ucapnya.

Herdiat menyampaikan, pada pendapatan daerah tahun 2020, PAD masih merupakan kontributor terkecil dengan pendapatan yang sah dan perimbangan.

Menurutnya, hal itu menunjukkan bahwa keuangan Kabupaten Ciamis memiliki ketergantungan yang masih tinggi pada pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi.

“Dalam upaya meningkatkan PAD, Pemkab Ciamis pun telah melakukan berbagai upaya, seperti meningkatkan sarana dan prasarana penunjang pelaksanaan pendapatan daerah,” ucapnya.

Selain itu juga melaksanakan pengawasan dalam peningkatan PAD, penyempurnaan sistem pendapatan daerah serta melaksanakan sosialisasi kesadaran terhadap wajib pajak.

Kebijakan Belanja Daerah Dilakukan Secara Transparan, Profesional dan Akuntabel

Dalam kebijakan belanja daerah Herdiat juga menyampaikan, pihaknya telah menyesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah yang dilakukan secara transparan, profesional, dan akuntabel.

“Sehingga program kegiatan yang dilaksanakan memiliki nilai manfaat,” ungkapnya.

Sementara, dalam penanganan pandemi Covid-19 Herdiat menuturkan, Pemda Kabupaten Ciamis telah membentuk gugus tugas percepatan penanganan Covid 19.

“Dan melakukan Refocusing APBD tahun anggaran 2020 sesuai keputusan bersama mendagri dan menteri kesehatan,” tuturnya.

Herdian mengungkapkan, PAD Kabupaten Ciamis masih rendah, oleh karena itu pihaknya mendorong kepada semua OPD untuk melakukan terobosan-terobosan dan inovasi kegiatan.

Serta melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat dan Pemprov terkait pengalokasian program atau kegiatan serta pendanaannya.

“Sebagai upaya, terus menggali dan mengelola potensi unggulan dengan mengacu produk unggulan ciamis yang mampu memenuhi kebutuhan lokasi maupun luar ciamis serta mampu bersaing dipasaran,” tuturnya.

Herdiat pun mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada semua fraksi DPRD Ciamis yang telah menyatakan setuju atas LKPJ tahun 2020.

“Semoga kemitraan Pemkab Ciamis dan DPRD dapat terus ditingkatkan dalam upaya mewujudkan pemerintahan yang baik,” pungkasnya.

Artikulli paraprakKemendikbud Tambah Anggaran KIP Kuliah Merdeka, Biaya Pendidikan Hingga Rp 12 Juta
Artikulli tjetërCurah Hujan Tinggi, DPRKPLH Ciamis Lakukan Penyisiran Pohon Rawan Tumbang