Ketua DPD AMPI Ciamis, Mohamad Ijudin, menyerahkan daging kurban secara simbolis kepada warga di lingkungan Karang, Kelurahan Ciamis. Foto/Hendri. PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – DPD AMPI (Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia) Ciamis melakukan penyembelihan hewan kurban berupa sapi, Sabtu (1/7/2023).

Ribuan bungkus daging kurban pun kemudian bagikan kepada masyarakat untuk bersama berbagi kebahagiaan di hari raya Idul Adha 1444 H.

Ketua DPD AMPI Ciamis, Mohamad Ijudin mengatakan, ada sebanyak 7 ekor sapi yang pihaknya distribusikan ke setiap wilayah se Kabupaten Ciamis.

“Ada 7 ekor sapi yang kami distribusikan se Kabupaten Ciamis, ini sesuai amanat dari Pak Agun Gunandjar yang juga sebagai dewan penasehat AMPI Ciamis,” kata Ijudin.

Seperti pada tahun sebelumnya, tutur Ijudin, pembagian daging kurban pun mengunakan bungkus daun jati.

Hal itu mengacu pada surat edaran Bupati Ciamis melalui DPRKPLH tentang pelaksanaan hari raya idul adha 1444 H tanpa sampah plastik.

“Sebagai alternatif dan juga ekonomis, kita memilih daun jati untuk membungkus daging kurban,” ungkap Ijudin

Menurutnya, selain mudah mengurai, daun jati juga tak mudah robek dan sangat ramah lingkungan.

Hal itu pun pihaknya lakukan sesuai amanat Agun Gunandjar Sudarsa dalam pembagian daging kurban harus menggunakan media yang ramah lingkungan.

Penggunaan wadah tanpa plastik, lanjut Ijudin, sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat.

Terlebih, sampah daun jati akan lebih mudah untuk terurai, dan untuk mendapatkannya pun terbilang cukup mudah.

“Kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli kantong plastik. Daun jati juga mudah terurai dan mengurangi sampah lingkungan kita,” terangnya.

Di samping itu Ijudin berpesan agar perayaan hari raya Idul Adha dapat dimaknai sebagai momen menebar kebermanfaatan dan kebahagian kepada sesama.

Ijudin menambahkan, Idul Adha juga tidak hanya sebagai aktivitas ibadah dan ritual pemotongan hewan qurban semata.

Momentum hari raya idul adha juga menjadi semangat bagi pemuda dalam menebar manfaat dan kebaikan  kepada masyarakat.

“Hari raya idul adha menjadi spirit khusunya generasi muda untuk selalu memberikan manfaat dan kebaikan juga teladan bagi semua orang,” terangnya.(Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakPolsek Bantarujeg Raih Juara 1 Lomba Kebersihan Tingkat Polres Majalengka
Artikulli tjetërRibuan Warga di Eks Kewadanaan Kawali Tumpah Ruah Ikuti Jalan Sehat Hari Jadi Ciamis ke- 381