Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya menjadi inspektur upacara pada kegiatan HUT (Hari Ulang Tahun) ke-73 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – HUT (Hari Ulang Tahun) ke-73 Satuan Polisi Pamong Praja digelar di Taman Lokasana Ciamis, pada Jum’at (17/3/2023).

Dalam hal ini, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya bertindak sebagai Inspektur dalam upacara peringatan HUT Satpol PP tersebut.

Pada kesempatan tersebut juga peringati HUT Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-61 dan HUT Pemadam Kebakaran dan Keselamatan ke 104 tingkat Kabupaten Ciamis.

Dalam kesempatan itu Herdiat berpesan agar jajaran Satpol PP, Satlinmas dan Damkar dapat mengutamakan pelayanan prima kepada masyarakat.

Dengan selalu mengedepankan upaya persuasif pada setiap penegakan Peraturan Daerah (Perda).

“Utamakan pelayanan prima dalam mengayomi masyarakat, membangun jejaring komunikasi, kolaborasi serta inovasi dengan seluruh pemangku kepentingan,” ujarnya.

Herdiat menuturkan, dalam pelaksanaan hal tersebut harus tetap menjungjung tinggi kehormatan sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara.

Peran Strategis Satpol PP di Kabupaten Ciamis

Dalam pelaksanaannya, peran strategis Satpol PP yaitu urusan ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat.

“Peran strategis Satpol PP tersebut merupakan salah satu urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar,” paparnya.

Sehingga menuntut Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menanganinya harus benar-benar profesional, dan memenuhi kriteria standar pelayanan minimal.

Ia melanjutkan terkait keberadaan pemadam kebakaran dan penyelamatan tentu harus menyamakan persepsi berdasarkan sudut pandang undang-undang dan agenda besar negara.

Tugas pemadam kebakaran bukan hanya sebagai penjaga kota yang bertindak pasif, namun harus berperan aktif dalam proses pembangunan.

Selanjutnya melindungi hasil pembangunan daerah dan memberikan perlindungan kepada masyarakat.

Peran penting pemadam kebakaran tercermin dari tugas dan tanggung jawabnya, diantaranya melakukan penanganan kebakaran serta bencana lainnya.

“Serta melaksanakan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanganan bahaya kebakaran dan bencana lainnya,” tegasnya.

Herdiat menambahkan bahwa pemadam kebakaran dan penyelamatan harus terus sinergis dengan seluruh masyarakat.

Hal itu untuk mewujudkan tema hari ulang tahun saat ini yaitu pemadam kebakaran dan penyelamatan tangguh rakyat tumbuh Indonesia maju.

“Saya sering mendengar laporan dari masyarakat kalian sering bertindak cepat dan cermat, serta responnya sangat luar biasa ketika menghadapi musibah baik bencana alam maupun kebakaran, kalian selalu siap siaga,” tandasnya. (Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakSeminar Keuangan Digital di Ciamis, Agun Gunandjar Ajak Masyarakat Gunakan QRIS
Artikulli tjetërJaga Kondusifitas, Polsek Bantarujeg Gelar Operasi Knalpot Bising