Anggota Komisi XI DPR-RI, Dr. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc., IP., M.Si. saat menyampaikan materi pada kegiatan seminar keuangan digital Bank Indonesia (BI) di Desa/Kecamatan Cisaga Kabupaten Ciamis. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Seminar keuangan digital berlangsung dalam rangka kemudahan transaksi untuk masyarakat Kabupaten Ciamis.

Khususnya mendorong pelaku UMKM untuk dapat memanfaatkan perkembangan teknologi dengan bertransaksi secara digital.

Kegiatan tersebut bertempat di Aula Desa Cisaga, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis, Jumat (17/3/2023).

Anggota DPR-RI, Dr. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc., IP., M.Si. mengandeng Bank Indonesia (BI) memberikan sosialisasi dan edukasi tentang sistem pembayaran digital.

“Mengajak masyarakat khususnya UMKM agar dapat manfaatkan kemudahan pembayaran digital melalui QRIS,” kata Agun.

Agun menuturkan, seiring dengan perkembangan jaman yang semakin canggih, maka semua aktivitas masyarakat  akan berubah dengan berbasis digital, termasuk dalam bertransaksi.

Menurutnya, edukasi keuangan bagi UMKM ini menjadi penting menuju masyarakat cashless di masa depan.

“Karena pertumbuhan ekonomi kita masih bisa terjaga, agar mendapat kemudahan dalam bertransaksi,” ujarnya.

Agun menambahkan, masyarakat saat ini harus semakin cerdas menggunakan jari (jempol) dalam memanfaatkan kemudahan teknologi.

Saat ini semua orang yang berbelanja tidak selalu membawa uang tunai. Jika sudah memiliki QRIS, maka bisa langsung transaksi secara digital.

“Maka ketika bertransaksi bisa menggunakan kemudahan dengan sistem Quick Response Code Indonesia Standar (QRIS),” paparnya.

Inflasi pun menurut Agun, masih bisa kendalikan dan kontrol karena sumbangan terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi itu dari sektor web.

“Maka ke depan, sektor industri akan alami pelemahan dan UMKM tetap berfungsi dan berjalan apabila sistem pembayaran digital lakukan” pungkasnya. (Hendri/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakWarga Keluhkan Jembatan Rusak di Kampung Warung Cina Desa Linggar Rancaekek Tak Kunjung Diperbaiki
Artikulli tjetërHUT Satpol PP, Bupati Ciamis : Upaya Persuasif dalam Penegakan Peraturan Daerah Jadi Prioritas