Poto: Ustad Zaki Mirza/@zackymirza_

Bandung, Pasundannews.comUstad Zaki Mirza menjelaskan bahwa tak hanya uang saja sebagai alat sedekah. Namun ada banyak cara paling mudah yang jarang orang tau.

Menurutnya Ustad Zaki Mirza, sedekah sejatinya bertujuan meraih berkah kehidupan baik di dunia maupun di akhirat. Cara bersedakah cukup banyak dan tidak terpaku pada uang.

Ustad Zaki Mirza mengatakan cara yang paling muda untuk bersedekah adalah dengan pikiran yang selalu positif. Menurutnya, bersedakah itu tidak harus dengan deposito yang kita punya. Tidak hanya dengan berbagi, seperti ada bencana alam kita berbagi.

“Bahkan ada orang yang tidak mempunyai harta, tetapi masih bisa bersedakah. Caranya dengan pikiran yang selalu positif, lisan yang selalu jujur, tutur kata yang tidak menyakiti orang lain,” Jelas Ustad Zaki Mirza dalam Youtube religione.

Mengutip hadist Nabi Muhammad SAW, Ustad Zaki menyebutkan bahwa ketika kita tersenyum saja sudah menjadi sedekah kepada orang lain.

“Bahkan senyum saja kalau kita ikhlas itu bisa jadi sedekah,” Ucapnya.

Bahagia menurut ustad Zaki Mirza tidak mesti dengan harta. Namun dengan menjadikan diri kita bermanfaat bagi orang lain itu sudah menjadi sedekah.

“Jadi untuk membahagiakan diri sendiri itu tidak harus dengan harta. Tapi bagaimana menjadikan apa yang ada di hidup kita lebih bermanfaat,” jelasnya.

Tak hanya itu, Ustad Zaki menyampaikan bahwa gerak tangan yang selalu positif bagian dari sedekah. Langkah laki menuju tempat positif juga bagian dari sedekah.

“Orang yang terus berbagi dengan apa yang dia punya akan meraih kebahagiaan. Bukan hanya bahagia, tetapi hidupnya akan menjadi berkah,” Jelasnya.

Ustad Zaki mengingatkan bahwa keberkahan itu tidak ada habisnya. Seperti laut yang tidak berpantai, seperti berjalan di atas aspal yang tidak berujung.

“Keberkahan itu akan terus mengalir sampai akhirat nanti,” Ucapnya.

Artikulli paraprakHMI Dorong Pemkab Ciamis Tingkatkan PAD Melalui Tiga Strategi Ini
Artikulli tjetërUstad Abi Makki Tegaskan Hidup Manusia Sebatas Menunggu