Beranda Bandung Raya HMI Cabang Bandung Gelar Sekolah HAM

HMI Cabang Bandung Gelar Sekolah HAM

Sekolah HAM HMI Cabang Bandung. (foto: Istimewa)

PASUNDANNEWS.COM, BANDUNG –¬†Himpuanan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bandung menggelar sekolah Hak Asasi Manusia (HAM). Kegiatan ini juga bekerjasama dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bandung.

Harik Ash Shiddieqy, Ketua pelaksana kegiatan mengatakan, sekolah HAM akan dilaksanakan setiap hari sabtu selama bulan januari 2020.

“Kegiatan ini difasilitasi oleh LBH Bandung. Total ada 4 pertemuan nantinya. Sasaran kegiatan ini semua unsur elemen Mahasiswa terutama kader-kader HMI,” ucapnya usai pembukaan sekolah HAM di Kaffe Carita Mikha Bandung, Sabtu (11/01/2020).

Menurutnya, sekolah HAM ini penting dilakukan. Sehingga nantinya peserta bisa mendapat pemahaman dasar pengetahuan terkait HAM, baik secara teori dan praktiknya.

“Hak asasi manusia adalah hak dasar yang dimiliki manusia sejak manusia itu dilahirkan. Kita wajib tahu apa yang menjadi hak dasar tersebut,” lanjut Harik.

Selain itu lanjut Harik, tujuan dari sekolah HAM ini nantinya peserta dapat mengetahui bentuk-bentuk pelanggaran Hak asasi manusia dan peserta mampu menganalisis peristiwa pelanggaran hak asasi manusia.

“Nantinya materi yang diberikan seputar pengantar HAM, hak sipil politik, hak ekonomi social budaya, dan Analisis pelanggaran ham melalui studi kasus untuk outputnya yaitu rencana tindak lanjut sekolah HAM ini melalui kesepakatan kolektif,” terangnya.

Sekolah HAM secara resmi dibuka oleh Sigit Dwitama, Ketua Umum HMI Cabang Bandung. Serta dilanjutkan pemberian materi dari LBH Bandung. (Pasundannews/Admin)