Sekda Ciamis, Andang Firman Triyadi saat menghadiri kegiatan Hari Krida Pertanian (HKP) di kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – HKP (Hari Krida Pertanian) ke-52 tingkat Kabupaten Ciamis berlangsung meriah.

Peringatan HKP ke-52 berlangsung pada Senin (8/7/2024) bertempat di Lapangan Desa Langkapsari, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis.

Acara ini diselenggarakan oleh Pemkab Ciamis melalui Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan serta KTNA Kabupaten Ciamis.

Kegiatan mengusung tema ‘Melalui HKP ke-52 Mari Kita Tingkatkan Kemandirian dan Swasembada Pangan melalui Pertanian Berkelanjutan’.

Lebih dari 1.200 petani dari seluruh kecamatan di Ciamis hadir dalam acara ini. Kehadiran mereka menunjukan  komitmen bersama untuk mengembangkan sektor pertanian.

Mewakili Pj Bupati Ciamis, Sekda Ciamis, Andang Firman Triyadi, hadir dan membuka acara tersebut secara resmi di hadapan para petani Ciamis.

Andang mengapresiasi peran vital para petani dalam mensukseskan program pembangunan pertanian di Kabupaten Ciamis.

“Kami mengajak seluruh insan pertanian di Ciamis untuk bersatu padu dalam meningkatkan kemandirian dan swasembada pangan melalui upaya pertanian berkelanjutan,” ujarnya.

Ia juga menekankan pentingnya melibatkan generasi muda dalam memajukan sektor pertanian melalui adopsi inovasi teknologi.

Acara ini juga menjadi panggung bagi penyuluh pertanian yang berhasil meraih kejuaraan dalam lomba inovasi daerah tingkat kabupaten Ciamis.

Penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi mereka dalam mengembangkan teknologi pertanian yang inovatif.

“Keberhasilan pembangunan pertanian sangat ditentukan oleh pembangunan sumber daya manusianya, penyuluh pertanian merupakan ujung tombak dalam pembangunan pertanian,” ujarnya

Sementara itu, Ketua KTNA Ciamis Pipin Arip Apilin mengatakan bahwa HKP pada hakikatnya merupakan hari bersyukur.

Sekaligus hari mawas diri serta hari dharma bakti kepada masyarakat atas keberhasilan dalam melakukan kegiatan pertanian selama 1 tahun.

“Melalui peringatan HKP ini saya berharap dapat menumbuhkembangkan budaya agraris pada segenap masyarakat agar kegiatan pertanian menjadi salah satu kebanggaan dalam upaya membangun ekonomi nasional yang maju dan sejahtera,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan secara simbolis berbagai bantuan dari Dari DPKP Ciamis berupa alsintan, seperti traktor, pompa air, berbagai benih tanaman dan lain sebagainya.

(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakJabar Terpapar Judol Terbesar, Sekda Herman Komitmen Tindak Tegas
Artikulli tjetërBey Machmudin Hadiri Penyampaian LHP LKPP 2023 dari BPK ke Presiden RI