Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis, Dr. H. Tatang, M.Pd., saat menghadiri acra HUT HIMPAUDI ke-17. Foto/Istimewa

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Kabupaten Ciamis kenalkan batik khas Ciamis sejak dini.

Untuk diketahui, batik merupakan warisan budaya dunia asli Indonesia yang perlu dilestarikan.

Berkaitan dengan itu, HIMPAUDI mengenalkan batik dengan kegiatan bertajuk ‘Gebyar Pesona Batik Khas Ciamis tahun 2022 bertempat di Gedung Golkar Kabupaten Ciamis, Kamis (29/9/2022).

Acara tersebut digelar dalam rangka memperingati HUT HIMPAUDI ke 17 dan Hari Batik Nasional ke 13 tahun 2022.

Dengan rangkaian acara lomba membatik dan fashion show dengan peserta anak-anak PAUD.

Mewakili Bupati Ciamis, Sekretaris Daerah Ciamis H. Tatang membuka acara tersebut dengan didampingi Kepala Dinas Pendidikan Ciamis Asep Saeful Rahmat.

Tatang mengucapkan selamat ulang tahun yang ke 17 kepada semua pengurus dan anggota Himpaudi.

“Selamat ulang tahun yang ke 17 kepada semua pengurus dan anggota HIMPAUDI se Indonesia pada umumnya dan pada seluruh pengurus beserta anggota HIMPAUDI se Kabupaten Ciamis pada khususnya,” ugnkap Tatang.

Ia berharap di usia ke 17 ini HIMPAUDI bisa terus berjaya dalam menyatukan seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan PAUD non formal seluruh indonesia.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan hari ini yang dilaksanakan oleh PD HIMPAUDI Ciamis dalam rangka merayakan ulang tahun ke 17 dengan mengadakan lomba menggambar batik Ciamisan oleh anak-anak PAUD berpasangan dengan bundanya dan lomba fashion show pakaian batik casual anak-anak PAUD se Kabupaten Ciamis,” paparnya.

Kegiatan tersebut diharapakan dapat turut mensosialisasikan batik-batik khas Ciamis agar lebih dikenal, dicintai dan dipakai sehari-hari oleh seluruh masyarakat Tatar Galuh Ciamis.

Lebih lanjut, Tatang juga mengatakan bahwa perhatian Pemda Kabupaten Ciamis pada kemajuan pendidikan anak usia dini telah benar-benar jauh lebih besar dari pada waktu-waktu yang lalu.

“Pemkab Ciamis telah berupaya lebih optimal mendorong percepatan terwujudnya lembaga-lembaga PAUD yang melaksanakan layanan PAUD Holistik Integratif atau biasa disebut dengan PAUD HI,” imbuhnya.

Ia memaparkan, bahwa saat ini di terdapat 653 satuan PAUD Non Formal di Kabupaten Ciamis dengan jumlah peserta didik sebanyak 18.648 siswa dan jumlah pendidik dan tenaga kependidikan sebanyak 2.251 orang.

“Alhamdulillah, seluruh bunda PAUD di setiap jenjang di Kabupaten Ciamis selalu siap dan pro aktif dalam menggelorakan program PAUD HI ini,” ujarnya.

Dimulai dari jenjang paling bawah yaitu bunda PAUD desa atau kelurahan, bunda PAUD kecamatan, sampai bunda PAUD Kabupaten melalui program-program di Pokja bunda PAUD di masing-masing jenjang dengan didukung oleh seluruh dinas instansi atau OPD tingkat Kabupaten Ciamis.

“Semoga semua upaya dan ikhtiar itu segera menghasilkan buah manis untuk kesuksesan pelayanan pendidikan anak usia dini di Kabupaten Ciamis,” tutupnya.(Hendri/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaSilaturahmi LLI se Kabupaten Ciamis, Wabup: Jangan Lupa Peran Perjuangan Orang Terdahulu
Artikel berikutnyaKapolres Cianjur Cek Kendaraan Dinas Polsek Jajaran di Mako Polres