Foto/Istimewa

PASUNDANNEWS.COM – Hari Kucing Sedunia atau International Cat Day diperingati setiap tanggal 8 Agustus.

Sebagaimana diketahui, kucing merupakan mamalia dengan empat kaki, ekor, dan cakar. Hewan berbulu ini sudah menjadi peliharaan manusia sejak zaman kuno.

Dilansir dari Kompas.com, Senin (8/8/202), sebelum hidup berdampingan dengan manusia, kucing adalah hewan liar di dataran Afrika yang gemar berburu.

Catatan sejarah manusia pertama tentang kucing ditemukan dalam budaya Peradaban Mesir Kuno.

Kala itu, kucing dianggap sebagai dewa dan menerima pemujaan dari orang Mesir.

Adapun Hari Kucing Sedunia adalah perayaan tahunan yang bertujuan meningkatkan kesadaran manusia tentang kucing.

Termasuk cara melindungi dan memelihara mereka. Lantas, bagaimana sejarah Hari Kucing Sedunia?

Sejarah Hari Kucing Sedunia Dikutip dari National Today, setelah peradaban Mesir Kuno runtuh, kucing dimanfaatkan oleh orang-orang Yunani dan Romawi sebagai pengendali hama.

Namun, selama Abad Pertengahan di Eropa, kucing menjadi hewan paling diburu untuk dibunuh karena dikaitkan dengan wabah Black Death. Sementara itu, kucing adalah bawaan wajib di kapal Amerika.

Sebab, hewan ini berguna untuk mengurangi hama dan penyakit yang mungkin ada di kapal. Perayaan International Cat Day sendiri baru digelar pada 2002 oleh International Fund for Animal Welfare (IFAW).

IFAW merupakan salah satu organisasi kesejahteraan hewan terbesar di dunia yang berbasis di Kanada.

Dilansir laman Hindustan Times, perayaan Hari Kucing Sedunia kemudian diambil alih oleh Cat Care, sebuah organisasi nirlaba di Inggris.

Sementara itu, Cat Care didirikan pada 1958 oleh pencinta kucing yang menyebarkan informasi tentang kesehatan dan kesejahteraan hewan ini.

Cara Merayakan Hari Kucing Sedunia

Hari kucing seunia menjadi hari untuk semakin menyayangi dan mencintai hewan peliharaan ini.

Salah satunya, dengan menjaga kesehatan dan rutin membawa kucing ke dokter hewan. Lengkapi pula vaksinasi hewan berbulu ini sesuai rekomendasi dokter.

Tak lupa, untuk memahami kebutuhan psikologis kucing dengan mengajak mereka bermain dan memberikan permainan yang bisa mengasah kemampuannya.

Anda juga bisa memberikan donasi pada shelter kucing di dekat rumah untuk membantu kucing liar agar bisa mendapatkan makanan dan tempat tinggal yang layak.

Guna memeriahkan, anda bisa juga memasang twibbon Hari Kucing Sedunia dan membagikannya ke media sosial.

*Berikut link twibbon Hari Kucing Sedunia yang bisa digunakan:*

https://www.twibbonize.com/harikucingsedunia2022 https://www.twibbonize.com/internationalcatday2022 https://www.twibbonize.com/worldcatday2022 https://www.twibbonize.com/menelharikucingsedunia https://www.twibbonize.com/catday22

(Herdi/PasundanNews.com)

Artikel sebelumyaMenanti Lawan Indonesia di Semifinal, Berikut Jadwal Piala AFF U-16 2022
Artikel berikutnyaPensiunan PNS Dapat Duit Rp 1 M, Berikut Penjelasannya