Ibu Hj. Kania Ernawati Herdiat saat menyerahkan penghargaan kepada salah satu nasabah Bank Sampah Ciamis (BSC) selepas upacara Hari Jadi Ciamis ke-381 di Tanam Lokasana Ciamis. Foto/PasundanNews.com

BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis memberikan sejumlah penghargaan.

Penghargaan tersebut DPRKPLH berikan kepada masyarakat dalam pengelolaan sampah terbaik.

“Pada momentum Hari Jadi Ciamis yang ke-381 ini, kami berikan reward atau apresiasi kepada masyarakat dan instansi dalam pengelolaan sampah terbaik,” kata Sekretaris DPRKPLH Ciamis, Giyatno, Minggu (11/6/2023).

DPRKPLH Ciamis memberikan penghargaan kepada bank sampah unit dengan kinerja terbaik dan masyarakat sebagai penabung terbaik.

Selain itu, DPRKPLH Ciamis memberikan penghargaan kepada Kecamatan yang telah melakukan penanganan dan pengelolaan sampah terbaik.

“Pada momentum Hari Jadi Ciamis ini kami juga memberikan reward kepada kecamatan dengan istilah nama kegiatan ‘BERSEKA’ (bersih-bersih kecamatan) terbaik,” kata Giyatno.

Prestasi itu antara lain, untuk kategori BSU (Bank Sampah Unit) terbaik tahun 2023 berikan kepada Bank Sampah Harupat Cigembor.

Baca Juga : Peringati HLH 2023, DPRKPLH Ciamis Ajak Masyarakat Kurangi Sampah Plastik Bisa Tukar dengan Bibit Pohon 

Sementara kategori Nasabah terbaik tahun 2023 berikan kepada Herdiman Noor warga kelurahan Ciamis.

“Dan untuk kategori BERSEKA (bersih-bersih kecamatan) serahkan kepada Kecamatan Cipaku,” jelas Giyatno.

Adapun reward yang DPRKPLH Ciamis berikan berupa 1 unit sepeda motor untuk nasabah bank sampah terbaik.

Sementara untuk Bank Sampah Unit (BSU) terbaik mendapat 1 unit sepeda motor roda tiga.

“Lalu untuk juara BERSEKA (bersih-bersih kecamatan) terbaik mendapat berupa alat kebersihan seperti mesin rumput dan lainnya,” ungkapnya.

Giyatno pun berharap pemberian reward tersebut menjadi motivasi dan teladan bagi masyarakat lainnya dalam penanganan dan pengelolaan sampah.

“Reward ini harapkan bisa memotivasi untuk mendapatkan prestasi yang lebih tinggi dan menjadi teladan bagi yang lain,” ucapnya.

Giyatno menambahkan, pada momentum Hari Jadi Ciamis tanun ini pihaknya telah mensiagakan ratusan petugas kebersihan atau pasukan ungu pada setiap lokasi yang menjadi pusat rangkaian acara.

“Baik pada saat acara Ngarak Pataka yang berlangsung di setiap eks kewadanaan serta titik lainnya yang menjadi pusat rangkaian acara Hari Jadi Ciamis,” tandasnya. (Hendri/PasundanNews.com).

Artikulli paraprakNgarak Pataka Kabupaten Ciamis upaya Ajak Masyarakat untuk Cinta Daerah
Artikulli tjetërUtang Pemerintah Tembus Rp 8.000 Triliun, Ini Penjelasannya Menurut Jusuf Kalla