Ilustrasi Whatsapp (Pixabay)

BERITA RAGAM, PASUNDANNEWS.COM – Google dan WhatsApp telah mengkonfirmasi adanya bug.

Hal ini mengakibatkan WhatsApp secara tidak sengaja mengakses mikrofon di beberapa perangkat Android, mengutip CNN, pada Rabu (10/5/2023).

Meskipun masalah ini telah ada selama sebulan, namun baru menarik perhatian setelah seorang insinyur Twitter mengungkapkannya dan mendapat respons dari Elon Musk.

Selain itu, mengutip Engadget, gambar yang dibagikan oleh insinyur Twitter Foad Dabiri menunjukkan bahwa mikrofon telah berulang kali berjalan di latar belakang saat dia tidak menggunakan aplikasi.

Ia memposting tangkapan layar dari Dasbor Privasi Android, yang memonitor frekuensi akses aplikasi terhadap mikrofon dan kamera pada perangkat.

Musk me-retweet posting Dabiri, dan mengatakan “WhatsApp tidak dapat dipercaya.”

Ia menyatakan bahwa pesan langsung yang dienkripsi pada Twitter mungkin akan diluncurkan dalam waktu paling cepat bulan ini.

Namun, hingga saat ini perusahaan belum memberikan tanggapan mengenai hal tersebut.

WhatsApp telah mengeluarkan pernyataan melalui Twitter, yang menyatakan bahwa masalah akses mikrofon pada perangkat terkait dengan sistem operasi Android, dan bukan karena adanya akses ilegal dari aplikasi pesan instan itu sendiri.

“Google segera menyelidiki dan memulihkan,” kata perusahaan tersebut.

Dabiri bukanlah orang pertama yang menemukan masalah ini. Blog WhatsApp, wabetainfo, sebenarnya telah menyoroti bug tersebut satu bulan yang lalu.

Mereka menggambarkannya sebagai “false positive” yang memengaruhi beberapa pemilik perangkat Pixel dan Samsung.

Situs web tersebut juga menyarankan untuk me-restart telepon sebagai solusi sementara.

Sementara itu, Google belum memberikan banyak informasi mengenai penyebab perbedaan tersebut, namun mengonfirmasi bahwa mereka sedang menyelidiki masalah tersebut.

“Kami mengetahui masalah ini dan bekerja sama dengan WhatsApp untuk menyelidikinya,” kata juru bicara Google dalam sebuah pernyataan.

(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakAntisipasi Krisis Pangan, Agun Gunandjar Bantu Petani di Ciamis dapat Bantuan DAK Rp 10,5 Miliyar
Artikulli tjetërDampak Bank Dunia Rubah Basis Perhitungan, 100 Juta Warga Indonesia Tergolong Miskin