Beranda Ragam Gerakan Cinta Rupiah, Aksi Bela Negara Tanpa Senjata

Gerakan Cinta Rupiah, Aksi Bela Negara Tanpa Senjata

Anggota DPR RI Komisi XI DPR RI, Heri Gunawan

SUKABUMI – Anggota DPR RI Komisi XI DPR RI, Heri Gunawan berpesan kepada ratusan siswa SMK Nusantara 89 di Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, agar mencintai mata uang rupiah. Langkah itu dinilai bisa menjadi unjuk jati diri mereka sebagai pahlawan zaman now bagi ibu pertiwi di mata dunia.

Politisi Partai Gerindra memaparkan ada beberapa cara milenial membantu menjaga stabilitas nilai tukar dan menyelematkan rupiah dari pelemahan lanjutan. Menurutnya, generasi milenial ini punya beberapa hobi seperti gadget dan travelling dan juga menyukai barang-barang berkualitas.

“Sayangnya, kebanyakan barang-barang ini adalah barang impor. Jadi bisa pilih-pilih. Kalau bisa, beli produk-produk yang sudah diproduksi dalam negeri atau memang asli buatan dalam negeri,” ujar Heri usai menghadiri acara Sosialiasi Mata Uang Rupiah, Cinta Rupiah Bentuk Nyata Dalam Karya Nyata Membangun BangsaPara generasi milenial, Kamis (21/2/2019).

Selain perilaku berbelanja, kata HG sapaan akrab Heri Gunawan, perilaku milenial yang kerap kali menghabiskan sebagian pendapatannya untuk melancong ke luar negeri. Dalam kondisi sekarang, hal itu bisa dikurangi. Kalau jalan-jalan ke luar negeri, saat ini tidak terlalu mendesak bisa juga dikurangi atau ditunda.

“Tidak hanya membantu kondisi nilai tukar rupiah secara keseluruhan, generasi milenial juga bisa turut serta membantu pembiayaan negara agar stabilitas ekonomi tetap terjaga. Bantu pemerintah juga dengan berinvestasi di instrumen investasi dalam negeri. Misalnya, membeli ORI, Sukri, atau SBN,” ingatnya.

Penyelidikan perkasan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bandung, Sudarso menambahkan, berbagai upaya ditempuh pemerintah maupun BI untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah. BI tidak sendirian, Pemerintah pun berkomitmen mengendalikan impor dan mengatasi permasalahan defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD) yang selama ini menjadi biang keladi pelemahan rupiah.

“Para siswa lebih dikenalkan kepada mata uang rupiah. Generasi muda ini diharapkan akan lebih mencintai rupiah dibanding mata uang asing nantinya,” harapnya.

Kepsek SMK Nusantara 89, Herman Suherman menghaturkan terima kasih kepada BI dan anggota DPR RI Heri Gunawan. Sebab, dengan adanya sosialiasi ini para siswanya yang mencapai 300 orang bisa lebih paham dan mengetahui mengenai mata uang rupiah.

“Termasuk lebih penting lagi dikenalkan bagaimana membedakan uang asli dengan yang palsu dalam sosialisasi ini,” tukasnya.