Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat terus meningkatkan jumlah rute penerbangan. Foto/Istimewa

BERITA JABAR, PASUNDANNEWS.COM – Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat terus meningkatkan jumlah rute penerbangan.

Upaya tersebut dilakukan dengan menurunkan biaya avtur. Apalagi momen kali ini menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah.

Sebagaimana disampaikan Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin dalam keterangannya yang diterima PasundanNews.com, pada Senin (13/5/2024).

“Karena ini momentum haji, kami saat ini sedang berusaha menurunkan biaya avtur di Bandara Kertajati,” ujarnya.

Ia menjelaskan, biaya avtur dengan selisih Rp 1.000 akan mendorong minat maskapai untuk membuka rute penerbangan baru di Kertajati.

“Penerbangan di Kertajati masih sedikit, dengan penurunan avtur ini, seribu rupiah saja, sudah sangat membantu untuk menarik rute – rute (penerbangan) baru,” katanya.

Untuk menurunkan biaya avtur, Bey menjelaskan pihaknya telah memikirkan untuk mengambil langsung avtur melalui jalur Balongan dalam upaya memotong rantai distribusi.

Saat ini biaya avtur di Kertajati yakni Rp 14.000 sementara di Cengkareng ada di angka Rp 13.000.

“Kami memikirkan untuk mengambil langsung dari jalur Balongan yang ada di pipa – pipa itu,” katanya.

Bey menyebut pihak pertamina menyambut baik, dan akan membantu Pemprov Jabar.

Tetapi saat ini suplai dari Balongan membutuhkan jaringan baru.

“Nanti apakah akan buat baru, kami meminta (bantuan) agar Pertamina yang buat. Respons Pertamina baik, akan membantu,” pungkasnya.

(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakHalal Bihalal ICMI Jabar, Bey Machmudin Harapkan Kolaborasi bersama Mahasiswa KKN Tangani Stunting
Artikulli tjetërPj Gubernur Bey Machmudin Dorong Akselerasi TPS3R di Setiap Kabupaten Kota di Jawa Barat