BERITA CIAMIS, PASUNDANNEWS.COM – GenBI (Generasi Baru Indonesia) suarakan tentang pentingnya transformasi digital bagi pergerakan anak muda terutama di Kabupaten Ciamis.

Hal tersebut disampaikan melalui kegiatan bertajuk CLP atau Ciamis Leadership Participation 2022 yang bertempat di Auditorium Universitas Galuh Kabupaten Ciamis, Rabu (12/10/2022).

Kegiatan CLP ini memiliki rangkaian kegiatan yang diawali dengan perlombaan seperti Videografi (Cinta Bangga Paham Rupiah), Poster (Kampanye Lingkungan) dan Cerpen (Merawat dan Menjaga Rupiah) untuk anak SLTA sederajat se-Kabupaten Ciamis.

Sementara itu, puncak acara yakni gebyar seminar yang mengusung tema ‘Colaboration in Diversity’.

Sebagaimana laporan Ketua Pelaksana kegiatan, Imamudin menjelaskan bahwa CLP atau Ciamis Leadership Participation memprioritaskan isu-isu penting tentang pergerakan pemuda.

“CLP ini prioritasnya antara lain Transformasi Digital, Ketenagakerjaan Pemuda, Planet Layak Huni dan Berkelanjutan, Leadership Keberagaman dan Inklusi,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima PasundanNews.com, Kamis (13/10/2022).

Hal senada disampaikan Ketua GenBI Univesitas Galuh, Ihsan Nuralim menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah sejarah bagi GenBI Unigal Ciamis.

“Di samping hajat pertama di kampus tercinta, CLP 2022 bukan hanya sekedar ajang eksistensi bagi kami, akan tetapi bisa menjadi gerbang untuk seluruh pemuda di Kabupaten Ciamis ikut andil baik dalam pembangunan atau pemikiran di semua peran,” tuturnya.

Ihsan mengatakan, dengan semangat pemuda, CLP ini mengambil tagline #MariAmbilPeran.

“Dari tagline ini mudah-mudahan ada perhatian dan kolaborasi nyata dari semua pihak,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Ihsan berharap CLP yang telah digelar tersebut akan menjadi jembatan dari sekitar 350 peserta yang hadir secara luring dalam kegiatan itu.

“Peserta yang hadir, khususnya anak muda, diharapkan agar lebih tanggap dan peka mengenai perannya sebagai Front Linier, Future Leader dan ikut andil dalam membangun negeri ini terutama di Kabupaten Ciamis,” tegasnya.

Sementara itu, kegiatan CLP dihadiri oleh Anggota Komisi XI DPRD RI Drs. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc.IP., M.Si, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Engkus Sutisna, S.T., M.T., Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis Bapak Dr. H. Tatang, M.Pd.,

Kepala Perwakilan Bank Tasikmalaya Aswin Kosotali, Pembina Yayasan Universitas Galuh Bapak Otong Husni Taufiq, D.Ip., M.H., Rektor Universitas Galuh Dr. Dadi, M.Si., beserta jajaranya.

Leadership Keberagaman Inklusi

Pada kesempatan yang sama, Agun Gunandjar yang hadir sebagai keynote speech mewacanakan isu ‘Leadership Keberagaman dan Inklusi.

Menurutnya, unsur pemerintahan bisa dikatakan baik lantaran ditentukan oleh indikator terwujudnya pemerintahan yang efektif, bebas korupsi, sehingga terselenggaranya sebuah demokrasi yang inklusif dan integritas.

“Terlaksananya CLP ini karena adanya pihak yang bekerjasama, GenBI harus menjadi pemimpin di masa depan,” tegas Agun.

Ia menuturkan, untuk mencapai dan menjawab pertumbuhan yang kuat dan berkelanjutan serta menggapai visi Indonesia sebagai negara maju ditahun 2045, tentunya perlu dukungan dari berbagai sumber manusia yang unggul.

“Salah satu dukungan itu seperti generasi muda, yang perlu memiliki digital midset dan adaptif berjiwa kepemimpinan (leadership),” terang Agun.

Sejurus dengan itu, narasumber lain dari Staf Ahli Gubernur menjelaskan bahwa mahasiswa saat ini harus mempunyai skill yang sesuai dengan perkembangan zaman.

“Mahasiswa saat ini berusia 20-25 tahun dan pada tahun 2045 berusia 40-50 tahun, akan tampil bangsa ini sebagai pemimpin dari berbagai bidang, syaratnya adalah memiliki ilmu pengetahuan (kompetensi), keterampilan (soft skill) dan attitude  yang baik (akhlaqul karimah),” tandasnya.(Herdi/PasundanNews.com)

Artikulli paraprakAgun Gunandjar: Pemuda Harus Miliki Kemampuan Leadership Keberagaman Inklusi
Artikulli tjetërBlack Adam, Cerita Tantangan yang Dihadapi Dwayne Johnson